Follow Us

Penyakitnya Anak Muda Indonesia itu Takut dan Males

- Senin, 06 Mei 2013 | 11:40
Penyakitnya Anak Muda Indonesia itu Takut dan Males
Hai Online

Penyakitnya Anak Muda Indonesia itu Takut dan Males

Talkshow dan workshop Entrepreneur Festival yang diadakan sejakn Kamis-Minggu ( 2 - 5 /5) di FX Sudirman ini mengundang banyak sekali tokoh-tokoh yang kompeten di bidang usahanya masing-masing. Dan pada kesempatan Jumat (3/5) lalu, Entrepreneur Festival 2013 menghadirkan dua ketua umum HIPMI di periode yang berbeda, yakni Sandiaga Uno dan Raja Sapta Oktohari.

Soal kewirausahaan, Sandiaga Uno menyampaikan pendapatnya soal entrepreneurship (jiwa kewirausahaan), menurutnya entrepreneurship adalah suatu seni, untuk itu terjun ke dalamnya kita hanya perlu melakukannya dengan rasa cinta. "Do what you love, and love what you do," ujar Sandi.

Meski begitu, kultur masyarakat Indonesia, terutama generasi muda masih banyak yang nggak mau mengambil resiko memulai usaha, sehingga pertumbuhan entrepreneur di Tanah Air pun merosot.

"Penyakitnya anak muda Indonesia itu dua, takut dan males. Takut gagal dan malas memulainya," kata Sandi lagi. "Melihat fenomena seperti ini, bolehlah sebagai awal memulai jadi pengusaha, muda akan lebih mudah kalau punya temen, tapi teman yang positif," katanya lagi.

"Masuklah bersama teman-teman yang mudah tersenyum lebar. Surround yourself with positive friend, danm selalu melihat sinar matahari setelah hujan. Jangan trauma dengan kegagalan," pesannya lagi.

Namun entah kenapa, ketua umum HIPMI Raja Sapta Oktohari malah mendoakan pengusaha muda untuk cepat gagal dan jatuh. Wah kenapa nih?

"Mudah-mudahan semua pengusaha pemula, cepet dikhianati ditipu sama partnernya, cepet rugi, dan disakitin. Karena semua itu akan menghadiahkan kita semua pengalaman. Tapi tetap kita harus mempunyai jiwa besar, apapun kendalanya, modalnya adalah mentalistas entrepreneurship, kita harus punya itu, buang takuit dan malasnya!" serunya.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest