Follow Us

Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Ega Hai - Jumat, 12 Juli 2013 | 07:08
Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa
Ega Hai

Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

Masalah yang sering dihadapin sama orang yang lagi berpuasa adalah bau mulut. Bau mulut bisa ngurangin rasa percaya diri saat sedang berinteraksi sama orang lain.

Sebenarnya masalah dari bau mulut itu bukan dari perut atau gigi, tapi dari lidah. Lidah merupakan tempat berkembangnya bakteri dan menghasilkan bau mulut. Keluhan bau mulut meningkat hingga 60% selama bulan Ramadhan.

"Selama bulan Ramadhan, beberapa orang mengalami bau mulut, karena kelenjar air liur tidak memproduksi liur yang cukup untuk menjaga kesegaran mulut. Keringnya mulut karena berpuasa membuat bau mulut yang nggak enak." menurut Dr. Rana Al Thalib, sorang dokter gigi di klinik Hibah Shata Specialised Dental, Dubai Healthcare City.

Berikut adalah tips mencegah bau mulut saat berpuasa:

1. Gosok gigi dan lidahDua sumber utama bau mulut adalah bakteri dan sisa makanan nyang membusuk, maka dari itu diperlukan perawatan yang teratur dengan cara menyikat gigi. Biasakan selama bulan Ramadhan, kita menyikat gigi setelah sahur dan bangun tidur.

2. Minum air putihMinum air putih sebanyak dua hingga tiga gelas saat sahur, dapat ngebantu kita terhindar dari dehidrasi. Air putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur dalam mulut sehingga membantu menjaga kebersihan mulut.

3. Gunakan obat kumur anti septicMenggunakan obat kumur selama bulan Ramadhan sangat nggak di permasalahkan, karena obat kumur tersebut nggak akan kita minum kan.

4. Kurangi mekanan yang mengandung gula, untuk mencegah pengeroposan pada gigi, sehingga dapat menyebabkan bau mulut.

5. Hindari makanan yang bisa memicu bau mulut, seperti cokelat.

Cokelat adalah makanan yang bersifat diuretic (perangsangan pengeluaran urin). Akibatnya, mulut mengalami kekeringan.

6. Minum teh hijau tanpa gula

The hijau mengandung zat polyphenol, yang ngebantu ngebunuh bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Fungsi lain dari tanaman ini adalah mengurangi peradangan pada rongga mulut dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh asap rokok. Semoga tips diatas bisa bermanfaat ya buat kalian, guys. So, nggak perlu takut dan nggak pede lagi deh kalo lagi berinteraksi sama orang lain.

Ilustrasi by Nyunyu.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest