Follow Us

YouthSpark #WeSpeakCode : Belajar Coding itu Gampang, Pemula juga Bisa!

- Selasa, 23 September 2014 | 10:50
YouthSpark WeSpeakCode Belajar Coding itu Gampang Pemula juga Bisa
Hai Online

YouthSpark WeSpeakCode Belajar Coding itu Gampang Pemula juga Bisa

Hidup di masa teknologi sekarang ini, ngaku aja deh, kita memang dekat sekali dengan yang namanya gadget yang di dalamnya ada aplikasi buat komunikasi, sosial media buat berbagi, dan juga games buat senang-senang dan menemani. Kita jadi semakin susah, tuh melepas teknologi dari kehidupan sehari-hari. Iya kan?

Semakin hari pun semakin bakal ada yang baru! Kita selalu siap buat berganti lagi dan terus ngikutin perkembangan teknologi sampai dengan yang semakin canggih. Tapi tahu nggak sih, ternyata kebanyakan kita cuma jadi pengguna. Jarang banget kita mau memikirkan kira-kira siapa yang nemuin program atau aplikasi yang baru itu? Sedikit sekali yang mau tertarik dan apalagi sibuk-sibuk bikin coding ala ala anak Teknologi Informasi (TI).

Rumit? Mungkin itu alasan kebanyakan orang kalau-kalau harus mikirin coding sebagai basic computer programming. Makanya, sekali lagi, kita cuma jadi pemakai, dan yang seperti kita itu jumlahnya lebih banyak, daripada yang bikin program baru di komputrer.

Akhirnya, teman-teman kita_mungkin termasuk juga kita, ada di dalam fakta kalau anak muda usia 15-24 tahun itu banyak yang pengangguran. Jumlahnya tiga kali lipat dari jumlah pengangguran orang dewasa. Waduh!

"Makanya, penting banget nih, buat anak-anak muda belajar coding dari sejak dini. Hari gini punya kemampuan dasar melakukan programming itu akan memudahkan kita mendapat pekerjaan," kata Esther Sianipar, community Affairs Managers Microsoft Indonesia yang terus mengajarkan coding ke anak muda lewat program YouthSpark #WeSpeakCode, Selasa (23/9) di Jakarta.

Belajar coding bareng Microsoft, kita bakal berkenalan dengan coding tapi dengan cara yang asik dan nggak rumit lagi. Pemula seperti kita pun bisa lho memainkan program coding sederhana ini lewat permainan games yang ditawarkann situs code.org dari Microsoft.

"Belajar coding itu sama aja kayak kita belajar IPA atau Matematika. Harusnya kita sudah mendapatkan pelajaran ini sejak dini," ujarnya yakin dengan mempelajari coding dari sekarang, anak-anak bahkan masyarakat awam pun bisa belajar memahami logika lewat coding yang ada.

Renaldi, teman kita ini baru berusia 17 tahun, tapi sudah tertatrik mempelajari coding. Ikut mengambil bagian dari dari acara YouthSpark #WeSpeakCode, dia mengaku belajar coding itu seru bahkan bisa sambil bermain-main.

"Ternyata coding itu mudah untuk dipelajari dan sangat seru, saya bersemangat mengajak teman-teman lain bermain dan belajar coding," ujar siswa yang belajar di Rumah Belajar Duri Kepa binaan Yayasan Cinta Anak Bangsa.

Sekarang, Renaldi menjadi salah satu instruktur muda permainan coding yang diperkenalan Microsoft lewat situs code.org tersebut. Membuka situs ini, kita akan belajar membuat perintah dalam permainan Jam Code, permainan teka teki dengan Angry Birds.

Mau ikut belajar coding yang gampang, coba deh klik code.org dan ikutin aturan mainnya. Dijamin bikin KZL tapi mau nagih hehehe

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest