Follow Us

BMX Flatland : Tricks Dulu, Prestasi Kemudian

- Selasa, 07 Januari 2014 | 07:20
BMX Flatland Tricks Dulu Prestasi Kemudian
Hai Online

BMX Flatland Tricks Dulu Prestasi Kemudian

Life is never flat sepertinya nggak berlaku buat teman-teman di BMX Flatland, meski bermain-main di wilayah datar (flat), permainan sepeda mereka cukup menantang. Bukan mengutamakan kecepatan, justru komunitas sepeda ini bermain-main dengan keseimbangan dan kesabaran.

"BMX Flatland itu lebih ke freestyle yang menggunakan tingkat keseimbangan yang tinggi, karena kebanyakan kita bertumpu pada satu roda aja. Aksinya mirip kayak sirkus atau ballet," kata Ais, salah satu member BMX Flatland yang rutin latihan di pintu Senayan, samping Lapangan Softball, Jakarta.

Bersama beberapa rekannya, Ais berlatih tricks di permukaan datar (flatland) seperti, shacker, hang five, high shacker, sabos, spin, time machine dan lain-lain. Nggak kurang, setiap minggnya 40 riders BMX berkumpul di sana. Selain melatih beberapa trick, ajang berkumpul itu juga sebagai ruang untuk mereka unjuk kebolehan di depan publik.

"Di sini nggak ada yang boleh sombong, ngaku master atau ngerasa paling bisa gituh. Justeru asiknya, yang udah jago trick tertentu, kita bisa sharing, belajar sama-sama," katanya lagi.

Oki yang belum lama bergabung di komunitas BMX Flatland, merasa betah, padahal dulunya dia cuma bermain game CS di rumah, tapi karena seru melihat teman-temannya memicu adrenalin di jalanan, dia pun meninggalkan zona nyamannya.

"Pas gue ikutan, gue merasa seru aja, ngeliatin belajar dasar manualnya, dari standing sampai jumping. Paling seru pas tampil di public, kayak di beberapa acara TV. Kita ikutan biar terkenal aja. Seru, bisa nunjukin trick, nyari trik baru lagi dan seterusnya," ulas cowok yang sudah 3 tahun menggowes dan meloncat bersama sepeda BMX kesayangannya.

Ais yang udah lebih dulu menggeluti bidang ini telah memetik buah prestasinya, serius menggeluti BMX selama 8 tahun, cowok lulusan SMA 63 Jakarta ini keranjingan ikutan lomba, bukan hanya di dalam tetapi luar negeri sekali pun dijabaninnya.

Seperti belum lama ini, Ais ikut dalam ajang IOXC South-east Asia BMX Competition 2013, pada November lalu, cowok ini masuk peringkat 7 besar rider terbaik se Asia tenggara. Itu salah satunya aja, menurut Ais, yang paling senang bermain di Flatland ini adalah saat dirinya mengendorse beberapa merk sepeda, sepatu, dan clothing line.

So, guys, let's come out and play!

Mau tahu obrolan lain bersama teman-teman di komunitas ini, simak laporan lengkapnya di majalah HAI edisi #1 yang terbit Januari 2014 ini. Lets come out and play, broh!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest