Follow Us

Komik Belanda Rasa Indonesia Jadul

iamalvin - Rabu, 14 Januari 2015 | 09:50
Komik Belanda Rasa Indonesia Jadul
iamalvin

Komik Belanda Rasa Indonesia Jadul

Bayangkan jika sebuah komik asal Belanda justru mengambil tema Indonesia tempo dulu. Komik Belanda rasa Indonesia jadul! Keren? Sudah pasti, seperti yang dilakukan oleh komikus asal Belanda bernama Peter Van Dongen ini. Pasalnya ia menerbitkan komik berjudul Rampokan Jawa dan Celebes yang mengambil latar belakang Indonesia di masa lampau.

"Saya sangat senang ketika bisa memberikan gambaran tentang Indonesia sesuai dengan aslinya. Contohnya seperti bangunan-bangunan yang ada di komik saya. Mulai dari Kota Tua, Menteng, bioskop tua, dan pedagang kaki limanya. Karena di Holland hal tersebut sangatlah berbeda," ujar cowok blasteran Belanda dan Indonesia ini mengenai alasannya mengambil tema Indonesia untuk komiknya.

Selain itu Peter Van Dongen juga memiliki ciri khas yang dapat dilihat mellaui komiknya. Yaitu cara menggambarnya yang tradisional seperti Tintin, yang merupakan salah satu komik favoritnya sepanjang masa. Nggak Cuma itu ternyata Peter juga sangat pede dengan kedalam latar belakang yang disajikan, karena ia nggak main-main ketika membuat komik.

"Sebelum membuat komik Rampokan Jawa dan Selebes, saya melakukan riset terlebih dahulu agar nggak ada kesalahan ataupun sesuatu yang nggak sesuai dengan aslinya. Bahkan menurut saya itu merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh seorang komikus," cerita Peter kepada HAI saat ditemui di event Popcon Asia 2014 lalu.

Berkat dedikasi dan kesungguhannya sebagai komikus, ia telah mengikuti beberapa pameran baik di negaranya maupun di Indonesia. Contohnya seperti pameran di Karta Pustaka yang terletak di Yogyakarta beberapa tahun yang lalu. Kini, Peter sedang mempersiapkan komik terbarunya yang mengambil cerita dari sebuah novel asli Belanda yang pastinya nggak kalah keren dibandingkan dengan komik sebelumnya.

Tertatrik jadi penggambar komik? Kamu bisa kuliah di jurusan seni atau desain lho!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular