Follow Us

Ini dia Bahayanya Main Game dan Smartphone Kelamaan

- Sabtu, 21 Februari 2015 | 12:10
Ini dia Bahayanya Main Game dan Smartphone Kelamaan
Hai Online

Ini dia Bahayanya Main Game dan Smartphone Kelamaan

Ayo ngaku, siapa di sini yang hobi main game atau berlama-lama "main" dengan si smartphone? Dijamin semua bakal tunjuk tangan. Kalau dihitung-hitung, waktu kita memang banyak habis di depan layar. Entah ngetik ngerjain tugas, main game, atau texting pakai smartphone. Saking serunya, kebiasaan kita main gadget ini ternyata bisa membahayakan, lho.Seperti yang dialami si Annie Levitz, remaja dari Amerika yang tahun 2010 lalu didiagnosa kena gangguan Carpal

Tunnel Syndrome (CTS), gara-gara kebanyakan texting menggunakan smartphone. Akibatnya, Annie yang waktu itu masih 16 tahun nggak bisa memegang benda di tangannya. Apapun yang dia pegang bakal terlepas dan jatuh. Akhirnya, kedua pergelangan tangannya pun terpaksa harus dioperasi. Hiiiii.... Ngeri juga, ya!

Sebenernya apa, sih, Carpal Tunnel Syndrome (CTS)?

CTS adalah gangguan yang menyebabkan sakit dan kesemutan pada pergelangan tangan. Biasanya, sih, ini terjadi karena tangan digunakan untuk gerakan yang sama dan berulang-ulang.

Kenapa kita mesti waspada?

Yang jelas, karena tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling penting buat kehidupan kita. Bayangkan kalau tangan kita nggak bisa lagi memegang benda dengan benar. Jangankan untuk ngetik, sekadar untuk makan aja pasti sulit.

Mungkinkah kita bisa kena?

Yap, sangat mungkin! Walaupun lebih sering terjadi pada orang di usia 30-55 tahun, tapi gangguan ini juga sangat mungkin terjadi pada remaja, dan anak muda. Bahkan, menurut penelitian di tahun 2006, remaja yang sering main komputer berisiko 2 kali lipat untuk terkena CTS. Mau tahu lebih lanjut tentang penyakit "modern" ini? Cukup klik di sini buat tahu jawabannya.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest