Follow Us

Sohib Kleptomania

Rian Sidik (old) - Jumat, 11 Januari 2013 | 04:15
Sohib Kleptomania
Rian Sidik (old)

Sohib Kleptomania

Mana tahan, deh kalau di sekeliling kita ada yang klepto. Malah lebih bikin bete, kalau ternyata pelakunya adalah teman sendiri. Kenapa sih, bisa ada orang yang seperti itu?

Kleptomania, berasal dari bahasa Yunani, Kleiptim (mencuri) dan mania adalah penyakit jiwa yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Sebenarnya, kleptomania itu adalah gangguan psikis yang disebabkan oleh pengalaman dari perilaku masa kecil yang mendalam.

Kebanyakan orang, memang akan lebih familiar dengan menyebutnya sebagai pencuri atau pengutil. Ada perbedaan loh, antara kleptomania dengan pencuri. Keduanya sih, sama-sama senang mengambil barang yang bukan miliknya. Nah, bedanya adalah kalau kleptomania itu disebabkan oleh gangguan jiwa, tapi kalau pengutil atau pencuri disebabkan karena kebiasaan buruk.

Jadi, nggak bisa sepenuhnya sama antara kleptomania dengan pencuri. Motif yang dimiliki keduanya berbeda. Kalau kamu punya teman yang klepto, harap maklum saja ya. Tapi kalau memang nggak punya gangguan jiwa, lebih baik disadarkan, deh. Nggak ada salahnya kan, menyadarkan teman yang punya kebiasaan buruk?

Editor : Rian Sidik (old)

Latest