Follow Us

Remaja Versus Ortu

Rian Sidik (old) - Kamis, 29 November 2012 | 12:30
Remaja Versus Ortu
Rian Sidik (old)

Remaja Versus Ortu

Remaja memang selalu punya banyak cerita. Tapi, sebagian besar mereka memang lebih memilih untuk sharing dengan teman, dibandingkan dengan orang tua. Uhmmm... Kenapa, ya? Padahal sering berkomunikasi dengan orang tua, bisa lebih mendekatkan diri kita dengan mereka. Jadi, memang ada beberapa faktor yang membuat remaja, akhirnya merasa enggan untuk berkomunikasi dengan orang tuanya.

Rasa keingintahuan seorang anak, memang semakin bertambah, seiring dengan bertambahnya usia. Anak remaja, sering menghabiskan waktunya teman-temannya, sehingga apa yang mereka ingin tahu, sering mereka tanyakan kepada teman sebayanya, untuk memenuhi rasa keingintahuan mereka. Nggak heran, karena sering berkomunikasi dengan teman, frekuensi komunikasi dengan orang tua, jadi berkurang.

Selain itu, terkadang, sebagian orang tua justru kurang peka terhadap anaknya. Yah, remaja sekarang ini, memang mood-nya bisa berubah-ubah, dan beberapa orang tua kurang peka dengan hal ini. Misalnya saja, saat orang tua berbuat sesuatu untuk anak mereka, namun tak menyadari apa yang sedang dirasakan dan dipikirkan anaknya, dan bisa membuat remaja ini sulit mengungkapkan perasaanya dengan baik. Kalau sudah begini, bisa saling enggan untuk ngobrol satu sama lain, loh.

Faktor lainnya, adalah saat orang tua kurang mendengarkan ide remaja. Jaman yang dihadapi oleh orang tua, memang jauh berbeda dengan apa yang sedang dialami remaja saat ini. Orang tua seringkali sulit memahami sudut pandang remaja dan tak bisa menerima pendapat anaknya. Buruknya, saat remaja ingin berbincang atau meminta pendapat, orang tua justru tidak mau mendengarkan.

Tapi, malasnya remaja berkomunikasi dengan orang tua, juga bisa terjadi kalau mereka memiliki orang tua yang terlalu sibuk bekerja. Remaja bisa merasa sulit mendapat perhatian dan waktu dari orang tua mereka, yang pada akhirnya justru membuat jarak atau buruknya hubungan keduanya.

Nah, komunikasi itu memang sangat penting, terlebih antara anak dengan orang tua. Buat kalian yang memiliki masalah ini, lebih baik sering-sering mengajak orang tua kalian untuk sekedar ngobrol-ngobrol santai. Percaya, deh kalau orang tua itu memang asyik untuk dijadikan teman bicara.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest