Follow Us

Penyebab Utama Kematian Penderita ALS

Ega Hai - Selasa, 26 Agustus 2014 | 11:00
Penyebab Utama Kematian Penderita ALS
Ega Hai

Penyebab Utama Kematian Penderita ALS

Penyakit amytrophic lateral sclerosis (ALS) terbilang mematikan karena jika tidak diobati sejak terdiagnosis, kemungkinan seseorang untuk bertahan hidup hanya sekitar tiga tahun. Namun, bila diobati, perjalanan penyakit bisa lebih lama. Meski demikian, hingga saat ini pengobatan hanya mengatasi gejalanya, bukan untuk menyembuhkan penyakit.

"Penyebab utama kematian dari orang dengan ALS adalah karena tersedak, karena kemampuan menelannya menurun, namanya pneumonia aspirasi," jelas Gea Pandhita Dokter spesialis saraf dari RS Islam Pondok Kopi, saat dihubungi Kompas Health, Jumat (22/8/2014).

Baca Juga: Kenali Penyakit ALS

Kemampuan menelan memang merupakan sasaran dari penyakit ALS. Kemampuan menelan melibatkan otot yang dikendalikan oleh saraf motorik.Pada ALS, saraf yang diserang adalah saraf motorik yang berfungsi untuk mengantarkan rangsang pada otot untuk melakukan gerakan. Gerakan yang dikontrol oleh saraf motorik, misalnya gerakan memegang benda atau berjalan.

ALS merupakan penyakit saraf yang unik karena gejalanya berasal dari kerusakan saraf di tengah proses penghantaran impuls saraf. Gea mencontohkan, jika terjadi stroke maka kerusakan saraf ada di saraf pusat, dan neuropati kerusakan terjadi di saraf tepi. Meskipun gejalanya sama-sama bisa dirasakan oleh tangan, tetapi karena sumber kerusakannya berbeda, maka gejalanya pun akan berbeda.

Baca Juga:

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest