Follow Us

Hai

/

Art

Seperti Jalan Jongkok

Adhie Sathya - Jumat, 25 Oktober 2013 | 14:20
Seperti Jalan Jongkok
Adhie Sathya

Seperti Jalan Jongkok

Bagaimana seniman ini merepresentasikan masyarakat Indonesia menerima fasilitas internet.

Bagi seorang seniman, tentunya proses pencarian ide itu sangat penting. Ide bisa kita dapatkan dari berbagai macam hal, contohnya ketika melihat kondisi masyarakat di negara ini.

Mochammad Hasrul menangkap ide ini, dan membuat sebuah karya yang berjudul Jalan Jongkok #1. Karya ini berupa video, yang bercerita mengenai masyarakat Indonesia yang terkesan jalan jongkok dalam menerima internet.

"Masyarakat indonesia seperti jalan jongkok ketika menerima internet, pertama media penerima internetnya saja, mereka masih sulit menemukan, koneksinya yang lambat juga membuat jengah," ungkapnya.

Dalam karyanya, Bewok, sapaan akrabnya menggambarkan hal itu, lewat stop motion orang yang berjalan jongkok mengelilingi layar komputer. Dalam video tersebut, website Youtube menjadi latar belakangnya.

"Youtube gue ambil lantaran banyak fenomena yang terjadi lewat Youtube, jadi itu gue jadikan backgroundnya," tambahnya.

Hasrul lewat Jalan Jongkok #1 menjadi kontestan termuda ajang Gudang Garam Art Awards 2013. Karyanya bersama seniman lain juga bisa dilihat di Galeri Nasional Indonesia, pameran ini digelar sampai 6 November 2013.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest