Follow Us

Program Studi Fakultas Kedokteran UI

- Selasa, 17 Februari 2015 | 08:39
Program Studi Fakultas Kedokteran UI
Hai Online

Program Studi Fakultas Kedokteran UI

Universitas Indonesia (UI) memiliki banyak program studi yang dikelola oleh 13 fakultas dan 2 program khusus lanjutan dan terapan. Salah satu program studi yang banyak diincar calon mahasiswa adalah Program Studi Fakultas Kedokteran UI.

"Selamat datang di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kampus kedokteran terbaik ke-80 tingkat dunia." Begitu kabar terbaru dari FKUI, jika mampir ke akun website resminya.

Kampus Fakultas Kedokteran UI atau disingkatFKUI masiheksis di Salemba, Jakarta dengan total luas area 16.209 m2. Saat ini, FKUI dipimpin oleh Dr.dr. Ratna Sitompul, Sp.M(K). FKUI memiliki lima program pendidikan, yaitu Program Diploma, Program Sarjana, Program Pendidikan Dokter Spesialis, Program Magister, dan Program Doktor. FKUI merupakan fakultas kedokteran tertua dan terbaik di Indonesia.

Kalau melirik sejarah singkatnya, kelahiran FKUI bermula sejak didirikannya Dokter Djawa School pada tahun 1851. Ketika 1898 Dokter Djawa School diubah namanya menjadi STOVIA, dan pada 1927 diubah lagi menjadi Geneeskundige Hooge School, maka pada masa pendudukan Jepang, lagi-lagi namanya diubah menjadi Ika Daigaku.

Barulah, pada masa kemerdekaan Indonesia, pemerintah Indonesia menggabungkan Ika Daigaku ke dalam Balai Perguruan Tinggi RI dan mengubah namanya menjadi Pendidikan Tinggi Kedokteran_belum UI. Lantas, setelah Indonesia mendapat kemerdekaan penuh di akhir tahun 1940-an, pemerintah mengambil alih sekolah kedokteran yang didirikan Belanda tersebut, sehingga Geneeskundige Faculteit Nood Universiteit van Indonesia bergabung dengan Pendidikan Tinggi Kedokteran. Hasilnya, nama Fakultas Kedokteran yang berada di bawah naungan Universitas Indonesiaresmi sudah pada2 Februari1950.

Kegiatan perkuliahan awalnya dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Jakarta dan di Surabaya, namun sejak tahun1954, Fakultas Kedokteran di Surabaya digabungkan keUniversitas Airlangga. Baca : Sejarah FKUI Tempo Dulu

Karena masuk kuliah kedokteran kabarnya nggak gampang, apalagi menempuh pendidikannya juga nggak begitu mudah. Kuliah kedokteran merupakan pendidikan akademik profesional. Pendidikan ini berbeda dengan pendidikan tinggi lainnya karena karakteristik lulusannya khas, belum lagi harus memadukan ilmu, keterampilan, etika, moral, hukum dan budaya. Baca : Kuliahnya Mahasiswa Kedokteran Begini

Untuk itu, program pendidikan akademik Fakultas Kedokteran UI saat ini telah berjenjang mulai dari Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), hingga Strata 3 (S3).

Strata-Strata Kedokteran UI

Program Studi Pendidikan Dokter terdapat Program Sarjana Reguler dan Program Sarjana Kelas Khusus Internasional bekerjasama dengan The University of Melbourne, Monash University dan Newcastle University dilanjutkan dengan program pendidikan profesi jenjang pertama/dokter. Pada jenjang ini masyarakat yang lulus akan dinamakan sarjana, tok!

Berbbeda dengan program magister/ strata 2 (S2) Kedokteran UI, program Magister dibagi menjadi beberapa jurusan yang lebih spesifik, dan apalagi untuk Doktor atau strata 3 (S3) kedokteran UI. Program ini semakin membentuk kualifikasi dokter yang andal, baik sebagai prkatisi atau pengajar institusi pendidikan dokter.

Semua jenjang pendidikan ilmu kedokteran UI berpusat di kampus UI Salemba, Jakarta. Fakultas Kedokteran UI sejak lama telah memiliki sarana penunjang kegiatan belajar dan mengajar seperti perpustakaan, pusat komputer & laboratorium untuk keperluan analisis dan praktik seperti laboratorium pendidikan dan penelitian memadai.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest