Follow Us

Mengenal Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman - Purwokerto

- Kamis, 12 Februari 2015 | 09:29
Mengenal Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Hai Online

Mengenal Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Nggak ada salahnya mengenal Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwekerto, yang menurut beberapa sumber telah sah mendapatkan akreditasi puncak alias A_ menurut badan akreditasi BAN-PT.

Buat yang penasaran kapan Fakultas Hukum (FH) ini pertama kali eksis di lingkungan civitas akademika Unsoed, maka secara resmi FH baru muncul pada 7 September 1982 silam. Dengan visinya yang berbunyi "Unggul dalam pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan hukum yang berbasis pada kearifan lokal dengan daya saing global," fakultas ini berusaha mengembangkan pendidikan ilmu hukum dengan cara yang benar.

Alhasil, FH Unsoed mempunyai 8 bagian yang merupakan sumber pelaksana akademik Fakultas dalam mengelola sumber daya manusia alias mahasiswa dalam pengembangan ilmu hukum yaitu: 1. Dasar-dasar ilmu hukum 2. Hukum Keperdataan 3. Hukum Pidana 4. Hukum Tata Negara 5. Hukum Administrasi Negara 6. Hukum Internasional 7. Hukum dan Masyarakat 8. Hukum Acara.

Kegiatan kampus yang berada di kawasan Grendeng saat ini fokus menyelenggarakan berbagai program akademik yaitu Sarjana Hukum Reguler, Sarjana Hukum Ekstensi, Sarjana Hukum Kelas Paralel, dan Pascasarjana Magister Ilmu Hukum.

Meski begitu, FH Unsoed ini ternyata mempunyai banyak fasilitas yang menunjang sarana perkuliahan mahasiswanya, seperti UPT Pusat Komputer, Pusat Infomasi Ilmiah, Ruang Sidang, Laboratorium Hukum, Sidang MA secara langsung, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa FH Unsoed juga sudah banyak menorehkan prestasi gemilang di kancah nasional. Di antarantya pernah menjadi Juara 1 Moot Court Competition ALSA 2008 di UGM Yogyakarta, karena Juara 1 tersebut, FH Unsoed mendapat Piala bergilir dari Mahkamah Agung. Kemudian pernah juga menjadi Juara 2 MCC 2010 di Unsoed, Juara III Lomba Debat Hukum Nasional Piala Padmo 2012 di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Semifinalis Lomba Debat Hukum Nasional Piala Bergilir Sri Soemantri Di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran 2012 dan yang juga menarik adalah FH Unsoed pernah memperoleh kemenangan Peradilan Semu Tingkat Nasional secara 7 kali berturut-turut. Wih!

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest