Follow Us

Mati Di Usia Muda

Rian Sidik (old) - Kamis, 06 September 2012 | 13:57
Mati Di Usia Muda
Rian Sidik (old)

Mati Di Usia Muda

Masih muda, belum tentu tubuh kita sehat, loh. Ada beberapa penyakit berbahaya yang bisa menimpa remaja-remaja seusia kita ini, seperti kanker. Penyakit ini, bisa menyerang siapa saja, dan nggak kenal usia.

Apa sih, kanker itu?

Kanker itu, penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Kalau dibiarkan, sel kanker itu bisa berkembang tidak terkendali dan membelah diri, kemudian menyebar ke jaringan sekitarnya, lalu menyerang organ-organ penting sampai syaraf tulang belakang. Disinilah, letak fatalnya kalau kita nggak segera menindaklanjutinya.

Penyakit ini, bisa terjadi di berbagai jaringan dalam dan luar tubuh, loh. Kalau kanker ini, terjadi di permukaan tubuh, masih lebih mudah untuk dideteksi dan diobati. Namun, kalau ada di dalam tubuh, kanker akan sulit diketahui. Karena terkadang, penyakit ini, tidak menimbulkan gejala apapun, kecuali jika sudah sampai pada stadium yang lebih tinggi.

Ada banyak faktor, yang bisa jadi penyebab timbulnya kanker, seperti faktor keturunan, lingkungan, makanan yang mengandung bahan kimia, virus, infeksi, gangguan keseimbangan hormonal, faktor kejiwaan, faktor perilaku dan radikal bebas.

Gejalanya, sih tergantung organ tubuh yang diserang. Rata-rata, gejala yang dialami penderita kanker itu, seperti pendarahan atau keluarnya cairan yang tidak wajar (air liur, batuk atau muntah berdarah, darah dalam air kemih, dll), penurunan berat badan secara drastis, gangguan pencernaan, luka yang tidak sembuh, benjolan di payudara, telinga mengalami tuli atau adanya suara dalam telinga yang menetap.

Jadi, mulai sekarang kita harus waspada sama gejala-gejala yang nggak lazim. Jangan sampai dianggap remeh, kalau nggak mau berakibat buruk buat kesehatan tubuh kita.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular