Follow Us

Jangan Terinfeksi Covid 3 Kali, Ini Dampak yang Terjadi pada Tubuh Kamu!

Al Sobry - Kamis, 15 September 2022 | 08:05
Jangan Terinfeksi Covid 3 Kali, Ini Dampak yang Terjadi pada Tubuh Kamu

Jangan Terinfeksi Covid 3 Kali, Ini Dampak yang Terjadi pada Tubuh Kamu

HAI-Online.com - Nggak sedikit lho orang yang terinfeksi Covid-19 beberapa kali. Penyebabnya antara lain virus corona yang terus bermutasi sejak awal pandemi hingga saat ini.

Menurut Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman, terinfeksi Covid untuk kesekian kalinya, bukan berarti memberikan kekebalan tubuh terhadap Covid-19 maupun infeksi dari varian virus turunannya..

Dicky bilang orang yang terinfeksi ulang Covid, misalkan kurang dari sebulan, maka masih berpotensi terinfeksi lagi.

Jadi, kata dia, tidak ada kekebalan pasca-infeksi yang menetap dan kuat sehingga virus corona baru kalah oleh tubuh kita.

Oleh karenanya, reinfeksi COVID-19 atau infeksi ulang ini haruslah dipahami. Karena pandemi ini belum berakhir, penerapan hidup bersih dan protokol kesehatan masih harus ketat dilakukan.

Reinfeksi pengaruhi imun

Lebih lanjut Dicky bilang, infeksi kedua maupun ketiga yang dialami seorang penyintas Covid-19 yang telah divaksinasi penuh, umumnya akan jauh lebih ringan. Bahkan dari situ banyak yang mengalami asymptomatic atau orang tanpa gejala Covid-19.

Kendati demikian, dalam beberapa kasus infeksi ulang Covid untuk kesekian kalinya, ada beberapa yang kemudian mengembangkan gejala berat.

Beberapa laporan studi mengungkapkan, pada beberapa orang yang mengalami infeksi Covid-19 untuk kali ketiga, menunjukkan penurunan kemampuan sistem kekebalan tubuh atau imun.

Terinfeksi covid lagi ternyata bisa memberikan dampak serius terhadap kesehatan seseorang.

Melemahnya sistem kekebalan tubuh, terutama terjadi pada sel T, yang memiliki peranan penting dalam memberikan perlindungan tubuh terhadap patogen.

Dari situ, Dicky menyimpulkan tidak cuma karena terinfeksi Covid subvarian BA.4, BA.5 atau subvarian Omicron lainnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest