Follow Us

3 Band dan Musisi yang Nggak Bakal Lahir Tanpa Keberadaaan Green Day

Nada Aprillia - Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:35
3 band dan musisi ini yang nggak bakal lahir tanpa keberadaan Green Day
Kerrang

3 band dan musisi ini yang nggak bakal lahir tanpa keberadaan Green Day

HAI-ONLINE.COM - Impact dari Green Day dalam musik emang nggak bisa diremehin, yang mana terbukti dengan 3 band dan musisi ini yang nggak bakal lahir tanpa Green Day.

Green Day memang bukanlah kelompok musik yang menciptakan pop punk. Menurut Kerrang, orang-orang kayak The Ramones, Buzzcocks dan Descendents pun memang punya energi mixed buzzsaw punk dengan penularan pop hook sebelumnya, tetapi Green Day-lah yang meledakkan itu ke ranah mainstream.

Album Green Day, Dookie (1994) bener-bener ngebentuk lanskap musik pasca-Nirvana, namun trio pop punk itu nggak puas cuma dengan satu album mereka yang signifikan secara budaya.

Baca Juga: 5 Lagu Penting dari Era Pop Punk Paling Populer (90an-2000an Awal)

Dirilis satu dekade kemudian, opera punk berisikan politik dari 'American Idiot' mendefinisikan kembali apa yang bisa dilakukan oleh band dengan latar belakang punk rock ini, yang berhasil menginspirasi generasi baru dalam prosesnya.

Nah, berikut adalah 3 band dan musisi yang lahir karena keberadaan Green Day.

Fall Out Boy

Fall Out Boy (FOB) sendiri juga menginspirasi generasi mereka dengan pop rock bernuansa emo yang unik, tapi kalo ditelaah salah satu yang nge-influence mereka adalah Green Day.

Saat FOB dapet kehormatan untuk masukin pahlawan mereka itu ke dalam Rock & Roll Hall Of Fame di 2004, Patrick Stump bicara tentang bagaimana doi dulu skip kelas cuma untuk dengerin Dookie lewat kaset.

"Anak-anak lain dengerin Guns N' Roses dan Nirvana, dan gue juga suka itu, tapi di 1994, itu rasanya udah nggak gue banget," kata vokalis dan gitaris FOB itu menjelaskan bagaimana kecintaannya kepada Green Day.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest