Follow Us

Inspiratif! Kisah Celline Masuk Harvard University, Sarjana Kedokteran Unair Ini Kecilnya Anak Akselerasi

Reinaldy Royani - Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:15
Celline, mahasiswa magister Harvard yang merupakan lulusan Unair
Unair

Celline, mahasiswa magister Harvard yang merupakan lulusan Unair

HAI-ONLINE.COM - Salah satu alumni kebanggaan Universitas Airlangga, Maria Celline Wijaya menorehkan prestasi gemilang dan berhasil menjadi mahasiswa Master of Medical Science Harvard University.

Nggak cuma itu, Celline diterima dengan mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan (Kemenkeu).

Cewek yang akrab disapa Celline ini membagikan cerita tentang perjalanan dan tips yang dilakukannya untuk dapat terus menorehkan prestasi.

Baca Juga: Justin Bieber Idap Sindrom Ramsay Hunt, Pakar Unair: Bisa Sembuh!

Sebelum menjadi mahasiswi Harvard, Celline menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 2013-2017 dan berhasil mendapat gelar Sarjana pada usia 19 tahun.

"SD sampai SMP aku akselerasi dua kali, jadi hanya butuh waktu empat tahun. Terus, SD aku masuknya tuh di usia lima tahun. Akhirnya aku masuk kuliah itu posisi umur 15 tahun," tutur Celline melansir dari laman Unair.

Saat pandemi Covid-19 mulai melanda, akhirny Celline memberanikan diri mendaftar kuliah jenjang Magister di luar negeri.

"Aku nyari-nyari. Nah, kebetulan 5 kampus untuk public health yang paling bagus di dunia itu ada di Amerika Serikat. Akhirnya aku apply di kampus peringkat pertama, kedua, dan ketiga. Tiga-tiganya keterima dan paling cocok yang ada di Harvard,"

Sesuai amanah sang ibu, Celine kini juga tengah mempersiapkan untuk studi S3-nya. Selain itu, ia tetap menulis dan mempublikasikan beberapa artikelnya termasuk penelitian di jurnal-jurnal internasional.

Selain itu, Celline juga memiliki concern di isu kesetaraan gender di dalam dunia pendidikan.

"Aku juga lagi fokus ke isu kesetaraan gender dalam pendidikan. Salah satu kegiatan yang aku kembangin adalah membuat beasiswa perempuan kerja sama dengan Kitabisa, serta mentorship program untuk perempuan nantinya," tutur Celline.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest