Follow Us

Mirip Nama Orang, Muncul Virus 'Hendra' yang Menular Lewat Kuda!

Reinaldy Royani - Kamis, 19 Mei 2022 | 15:12
Ilustrasi virus
tOrange.biz

Ilustrasi virus

HAI-ONLINE.COM - Belum usai dengan Covid-19 dan hepatitis varian baru, kini udah muncul lagi virus baru dengan nama ‘Hendra’. Serius, beneran Hendra sob!

Mengutip dari CDC, Virus yang juga diketahui bernama HeV ini merupakan anggota famili Paramyxoviridae, genus Henipavirus.

Bukan terinspirasi dari nama orang Indonesia, Virus Hendra pertama kali diisolasi pada 1994 dan berasal dari wabah penyakit pernapasan dan neurologis pada kuda dan manusia di wilayah Hendra, Brisbane, Australia.

Lagi-lagi, penyalur alami virus ini adalah kelelawar dari genus Pteropus. Terbilang langka, infeksi virus ini hanya menjangkit 7 orang sejak 1994 sampai 2013.

Baca Juga: Punya Gejala Mirip, Begini Perbedaan Penyakit TBC dengan Covid-19

Peneliti dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengungkap bahwa kemungkinan manusia dapat tertular virus ini dari kuda.

Sekitar 85 persen kuda yang terjangkit virus ini akan meninggal. Sehingga menurutnya, penyakit ini adalah penyakit berbahaya yang mematikan.

Melansir dari CDC, penularan virus Hendra ke manusia dapat terjadi sesaat setelah terpapar kotoran kuda yang terkena virus ini. Infeksi ini dapat menyebabkan penyakit pernapasan dengan tanda dan gejala mirip flu yang parah.

Sementara, seekor kuda dapat terjangkit virus ini melalui urin kelelawar yang membawa virus Hendra.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest