Follow Us

5 Hewan yang Ternyata Bisa Menyimpan Dendam ketika Disakiti

Alvin Bahar - Sabtu, 26 Maret 2022 | 20:05
Ilustrasi harimau
Pixabay

Ilustrasi harimau

HAI-Online.com - Bukan cuma manusia, ternyata hewan juga bisa menyimpan dendam ketika disakiti. Sebuah penelitian yang dilakukan berulang kali menyebutkan bahwa burung gagak bisa menyimpan dendam.Selain burung gagak, ada binatang lainnya yang juga bisa menyimpan ketika disakiti. Langsung aja cek hewan tersebut di bawah ini.1. Burung gagakMelansir Evening Standard, studi tahun 2011 mengungkapkan fakta bahwa burung gagak bisa mengingat wajah manusia yang menyakitinya.Dalam beberapa studi, peneliti mendapatkan fakta bahwa jika diberi pilihan, burung gagak akan mendekati pawang yang adil dalam artian memperlakukannya dengan baik, daripada pawang yang bersikap tak adil.

2. HarimauSepertinya nggak disakiti pun, harimau bisa melukai siapa saja yang berada di dekatnya. Mengutip Listverse, seorang pemburu berkebangsaan Rusia, Vladimir Markov, pernah melukai seekor harimau Siberia di tahun 1997.Tepat pada malam hari, harimau tersebut melacak jejak Markov hingga ke kabin tempat Markov menginap. Namun, malam itu Markov tak ada di dalam kabin dan harimau yang mengamuk hanya merusak seluruh barang yang ada dan menunggu kedatangan Markov.Ketika akhirnya sang pemburu sampai di kabin, harimau tersebut membunuh dan memakannya. Kemampuan harimau tersebut dalam menunggu sang pemburu datang diklaim peneliti sebagai kemampuan harimau dalam mengingat-ingat sakit hati dan menyimpan dendam.

Baca Juga: Drummer Foo Fighters Taylor Hawkins Meninggal Dunia di Usia 50 Tahun

3. AnjingDalam artikel yang ditayangkan di jurnal Universitas Penn State, peneliti menyatakan bahwa anjing hanya menyimpan memori akan kejadian dalam hitungan menit saja. Itu sebabnya anjing akan terlihat euforia menyambut kedatangan pemiliknya meski pemiliknya baru meninggalkannya selama 10 menitan saja.Namun, hal ini bukan lantas berarti anjing tak memiliki daya ingat. Anjing memiliki daya ingat asal hal tersebut terkait dengan emosi spesifik. Baik emosi positif atau negatif.4. GuritaGurita ternyata juga bisa menyimpan dendam. Hewan cerdas ini akan membalaskan dendamnya jika ada kesempatan datang.Ada cerita seekor gurita bernama Truman yang hidup di akuarium di Boston menyimpan dendam pada sukarelawan yang bekerja di akuarium tersebut.

Tiap kali ada kesempatan berdekatan, Truman akan menyemprotkan air kepada wanita tersebut.

5. UntaUnta terkenal sebagai binatang yang tak bisa memaafkan dan tak bisa melupakan. Perlu kalian ketahui menyakiti unta bisa membahayakan nyawa. Seorang pemilik unta di India suatu ketika melupakan salah seekor untanya terikat di luar kandang di bawah terpaan sinar matahari sepanjang hari.Ketika Urjaram, sang pemilik unta, kembali di malam harinya untuk melepas ikatan yang ada, si unta sudah terlanjur marah dan menggigit kepala Urjaram hingga tewas.Selain hewan yang disebutkan di atas, leopard dan gajah juga dikenal gampang sakit hati. Nah, lebih baik sebagai manusia mari mulai memperlakukan hewan apapun dengan baik.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ["Jangan Disakiti, Binatang-binatang Ini Bisa Menyimpan Dendam" ]

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest