Follow Us

Intip Cara Belajar Para Ilmuwan Dunia, Siswa Bisa Contoh Nih

Tim Redaksi - Kamis, 10 Maret 2022 | 17:00
Bill Gates
(flickr.com)

Bill Gates

HAI-ONLINE.com - Menjadi ilmuwan sudah pasti bukan pekerjaan yang mudah. Menghasilkan penemuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, membuat profesi ini menjadi membanggakan sekaligus mulia. Namun, perjuangan mereka tentu tidak mudah untuk sampai dititik tersebut.

Kerja keras dan bangkit dari kegagalan saat melakukan penelitian sudah menjadi makanan sehari hari. Tak semua ilmuwan sudah jenius dari lahir, bahkan ada beberapa ilmuwan tersohor dunia yang bahkan tidak menyelesaikan pendidikannya sampai perguruan tinggi. Lalu, bagaimana caranya mereka bisa sepintar itu?

Melansir laman BPK Penabur yang dikutip Kompas.com, Kamis (10/3/2022), berikut cara belajar para ilmuwan dunia yang bisa menjadi contoh untuk generasi masa kini.

Thomas Alva Edison

Bapak ilmuwan lampu Thomas Alva Edison ini dikenal memiliki tipe cara belajar yang tidak mudah menyerah meski seribu kali gagal, dan tidak hanya belajar dengan teori saja melainkan harus mencobanya secara langsung.

Hal ini ia terapkan pada percobaannya dalam membuat bola lampu. Sampai beribu kali ia mengalami kegagalan pada percobaannya hingga akhirnya usaha dan kesabarannya membuahkan hasil.

Baca Juga: Cepat Nempel di Kepala dan Bisa Sepintar Guru, Ini 4 Cara Belajar Pakai Metode Feynman!

Albert Einstein

Siapa yang tak ingin memiliki otak secerdas Einstein? Ilmuwan yang dikenal dengan teori relativitasnya. Selain itu, ia juga mengemukakan beberapa teori lain seperti efek fotolistrik, gerak browns, statistik bose-einstein, dan masih banyak lagi.

Ilmuwan dengan nama lengkap Albert Einstein ini memiliki gaya belajar sendiri. Sejak kecil ia selalu mengkhususkan waktunya untuk belajar mandiri setiap hari. Tanpa harus tergantung guru dan orangtua. Einstein mempelajari sendiri aljabar, geometri Euclides, dan juga kalkulus. Kemudian, di usia 14 tahun ia telah berhasil menguasai kalkulus integral dan diferensial.

Bill Gates

Selain Albert Einstein, masih ada lagi ilmuwan yang dapat kita ikuti cara belajarnya, yaitu Bill Gates. Sosok di balik kesuksesan Microsoft Corporation ini sangat tekun dalam belajar dan ia dapat dengan cepat menguasai bahasa pemrograman komputer bagi para pemula.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest