Follow Us

Mager dan 5 Kebiasaan Kecil Yang Ternyata Picu Penuaan Dini, Kok Bisa?

Bagas Rahadian - Jumat, 03 Desember 2021 | 13:05
Ilustrasi pemalas

Ilustrasi pemalas

HAI-Online.com - Penuaan dini bisa terjadi ke siapa aja, terlebih ke mereka yang melakukan kebiasaan yang nggak sehat. Misalnya seperti mengkonsumsi gula terlalu sering, merokok, meminum alkohol, stres dan marah-marah.

Semua itu jelas bakal menyebabkan penuaan dini di diri lo.

Tapi jangan salah, beberapa kegiatan yang dirasa nggak ada bahayanya sama sekali, ternyata menimbulkan risiko penuaan dini, lho.

Salah satunya, yang tentunya sering siapapun lakuin, yakni leha-leha alias males gerak (mager).

Mengutip Kompas.com, berikut mager beserta 5 kebiasaan kecil lain yang menyebabkan penuaan dini.

1. Menggigit Kuku

Michael Hirt, Board Certified Nutrition dari Harvard University, mengatakan, memasukan jari ke mulut dapat menjadi jalan masuk bagi berbagai virus, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Perlu diingat, mulut manusia juga dipenuhi dengan bakteri berbahaya, dan menggigit ujung jari juga dapat menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya.

Pasalnya, organisme akan masuk ke dalam tubuh. Jadi jika masih melakukannya, pakailah sarung tangan katun sesering mungkin untuk mengingatkan diri sendiri agar menghentikan kebiasaan buruk ini.

2. Mager alias leha-leha di sofa

Dr. Hirt juga berpendapat, kebiasaan "mager", dengan berleha-leha di sofa atau kasur dapat memperpendek usia. "Manusia diciptakan untuk bergerak, sama seperti mobil. Jika kita tidak cukup menjalankan mobil, aki akan mati dan bagian-bagiannya mulai berkarat."

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest