Follow Us

Inilah Arti Istilah ‘Cepu’ yang Biasa Kita Temui di Media Sosial

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 16 Juni 2023 | 14:50
seseorang menjaga rahasia agar tidak cepu
Pxfuel

seseorang menjaga rahasia agar tidak cepu

HAI-Online.com – Kalo kamu rajin scroll di media sosial, pasti udah nggak asing sama istilah ‘cepu’, yang kerap kali disisipkan netizen dalam suatu obrolan.

Cepu biasa digunakan buat menggambarkan orang atau tindakan suka ‘ngadu ke orang lain’, atau menyebarkan informasi rahasia yang seharusnya nggak disebarkan.

Istilah ini kemudian meluas penggunaannya sebagai bahasa gaul, hingga sering dipakai di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan TikTok.

Makanya, nggak jarang kalo perbuatan cepu ini berujung dengan perselisihan. Namun sebenarnya kamu udah tahu belum sih arti dari kata cepu ini?

Nah buat yang belum paham, HAI bakal ngasih tahu nih soal arti dan asal-muasal kata cepu yang banyak digunakan di percakapan sehari-hari.

Baca Juga: Arti XOXO dan Bae Apa? Ini 7 Istilah Imut yang Suka Dipake di Chat

Arti Cepu Menurut KBBI

Selain merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Blora, Jawa tengah, jika kita mengecek KBBI Daring, kita bakal nemuin dua pengertian dari istilah cepu ini.

Pada pengertian pertama, cepu (n) bermakna cembul yang dibuat dari kayu, perak dan sebagainya.

Sedangkan pada pengertian kedua, cepu (n) bermakna informan polisi. Nah, makna kedua inilah yang dipakai dalam konteks ‘ngadu ke orang’ lain.

Informan polisi sendiri adalah orang yang biasanya bertugas membocorkan informasi penting untuk kepentingan kepolisian, seperti saat menelusuri peredaran narkoba.

Arti Cepu di Media Sosial

Namun seiring perkembangannya, khususnya di media sosial, cepu memiliki arti tukang mengadu, yang bisa ngerugiin si korban. Pasalnya, privasi yang seharusnya nggak boleh disebarkan ke orang lain menjadi bocor dan merugikan orang tersebut.

Baca Juga: Dari Check hingga IB, Ketahui Nih Istilah yang Sering Muncul di TikTok

Biasanya perilaku ini identik dengan perilaku orang yang nusuk dari belakang atau "teman dalam selimut", padahal kita sudah merahasiakan informasi tersebut. Wah, bahaya buat pertemanan sih ini ya, guys.

Jadi itulah arti dari istilah cepu yang biasa kita temui di percakapan media sosial saat ini, guys. Jangan jadi orang yang cepu, ya! (*)

Editor : Al Sobry

PROMOTED CONTENT

Latest