Follow Us

Klarifikasi Spotify Soal Berita Mengenai Musisi Palsu dan Keuntungan Royalti

None - Senin, 25 Januari 2021 | 09:48
Ilustrasi spotify
kompas.com

Ilustrasi spotify

HAI-Online.com - Beberapa tahun belakangan ini Spotify sebagai perusahaan layanan pemutar musik digital kerap dikaitkan dan mendapatkan banyak kritik dari berbagi pihak terkait dengan adanya praktik tidak sehat di struktur industrinya.

Baca Juga: Spotify Diduga Bikin Musisi Palsu Buat Raup Keuntungan, Band Beneran Makin Miskin Deh

Spotify telah diduga menggunakan celah untuk meraup royalti dari para artis yang tidak diketahui eksistensinya, yang kemudian didesuskan sebagai artis yang berembrio dari perusahaan Spotify itu sendiri.

Ana Olgica total plays on Spotify
Spotify / Ana Olgica

Ana Olgica total plays on Spotify

Berkaitan dengan dugaan tersebut, Spotify secara resmi telah membantah berita yang beredar dan dengan tegas menyertakan pernyataan jika proses kurasi yang ada di Spotify berjalan dengan semestinya.

Pihak Spotify mengklaim musik yang tersedia di Spotify adalah hasil ciptaan para penulis, musisi, dan artis berbakat yang bekerja keras untuk itu.

“Tidak benar bahwa Spotify membuat profil musisi palsu. Musik yang tersedia di Spotify diciptakan oleh para penulis, musisi, dan artis berbakat yang bekerja keras untuk itu.

"Kami membayar royalti untuk semua lagu di Spotify. Kami pun membayar para pemegang hak atas seluruh musik yang ada di Spotify berdasarkan lisensi,” – terang juru bicara dari perusahaan kepada HAI.

Penulis: Mohammad Farras Fauzi

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest