Follow Us

Mengeluh Diare, Di Dalam Perut Pria Ini Ada Cacing Menggeliat

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 24 November 2020 | 19:09
Ilustrasi cacing menggeliat di dalam perut.
(Dok: New York Post)

Ilustrasi cacing menggeliat di dalam perut.

HAI-Online.com - Seorang priadi India awalnya mengeluh sakit perut yang nggak bisa ditahan alias sakit banget.

Namun, setelah melakukan foto ultrasound, ternyata banyak hal yang nggak disangka terjadi dalam tubuhnya.

Yap, rupanya ada banyak cacing hidup yang menggeliat di dalam sistem pencernaannya.

Dilansir dari New York Post, penduduk asli New Delhi ini pertama kali tahu ada sesuatu yang salah setelah menderita sakit perut, diare dan muntah sepanjang hari, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal Of Medicine.

Baca Juga: Konsep Pernikahan Pengantin Ini Unik Banget, Sampe Diarak Pasukan Stormtrooper Star Wars

Dia memeriksakan diri ke rumah sakit setempat di mana dokter menemukan kalo dirinya menyembunyikan sel darah putih dan kadar hemoglobin yang tinggi.

Pemeriksaan ultrasonografi berikutnya pada vena kava inferior pasien - vena perut besar - mengungkapkan struktur tubular yang "bergerak dengan gerakan melengkung" di dalam perutnya, menurut penelitian.

Setelah menganalisis sampel tinja pria tersebut, mereka mengidentifikasi pelakunya ialah Ascaris lumbricoides, spesies cacing gelang umum yang dikenal dapat menyusup ke saluran usus.

Orang secara nggak sengaja menelan telur dengan meletakkan tangan kotor di mulut mereka atau makan sayuran atau buah-buahan yang belum dimasak, dicuci atau dikupas dengan hati-hati, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Baca Juga: Super Mario 3 Pecahkan Rekor Game Termahal di Dunia Senilai 2 Miliar

Setelah berada dalam sistem pencernaan mereka, parasit dapat tumbuh hingga mencapai panjang 14 inci, dan menyebabkan penyumbatan usus dan pertumbuhan terhambat pada anak-anak.

Syukurlah para dokter dapat menyembuhkan kondisi pasien dengan memberinya obat anti-parasit yang disebut albendazole, setelah itu ia dipulangkan dalam satu hari.

Dia memberi tahu dokter selama kunjungan tindak lanjut dua minggu kemudian bahwa dia merasa sehat dan telah mengeluarkan cacing di tinja.

Dan ini bukan pertama kalinya perut seseorang dihinggapi oleh parasit. Pada bulan Desember, dokter mengeluarkan 759 kista berisi cacing pita dari saluran pencernaan wanita setelah mereka mengisi perutnya seperti mesin permen karet yang mengerikan. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest