Follow Us

4 Cara Cegah Sakit Leher Buat Kamu yang Kebanyakan Sekolah Online dan WFH

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 18 Oktober 2020 | 19:50
Kuliah Online
kompas.com

Kuliah Online

HAI-Online.com - Pandemi virus corona yang memaksa sebagian besar orang untuk memaksimalkan waktu di rumah.

Hal itu bikin seseorang menghabiskan lebih banyak waktu menatap layar ponsel atau laptop.

Terlebih, situasi bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menambah durasi menatap layar dan memungkinkan seseorang mengalami "tech neck".

Yaitu gejala seperti nyeri leher, nyeri punggung atas dan kaku, kejang otot, nyeri bahu, hingga sakit kepala.

Baca Juga: Bule Rusia Ungkap Kebiasaan Aneh Orang Indonesia, 'Suka Nanya Udah Mandi Apa Belum?'

Gejala-gejala tersebut dapat merayap dengan cepat dan terasa sakit. Matthew Cooper, CEO USA Sports Therapy seperti dikutip dari Healthline mengatakan, Tech neck dihasilkan dari posisi tubuh yang secara nggak sadar sering diasumsikan saat melihat layar.

"Dalam posisi ini, dagu terangkat ke depan, bahu ke depan, dan seringkali leher tertekuk untuk melihat ponsel, keyboard, dan/atau komputer untuk waktu yang lama," kata dia. Bagaimana cara mencegahnya?Berikut empat cara menangkal kondisi ini antara lain:

1. Tempat kerja

Alih-alih menyediakan tempat untuk pemosisian postur tubuh yang baik, banyak orang yang bekerja dari meja makan, sofa, bahkan tempat tidur.

"Saya sering menasehati pasien saya tentang menyiapkan tempat kerja yang lebih tepat untuk menghindari cedera atau mengurangi rasa sakit," ujar Enriquez.

Bagi orang yang mengalaminya, disarankan mengubah tempat kerja di rumah. Selain itu, dapat mengunjungi ahli terapi fisik atau dokter rehabilitasi untuk membantu menilai dan meningkatkan tempat kerja di rumah.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular