Follow Us

Hari Ini Peringatan Hari Guru Internasional, Yuk Intip Sejarahnya!

Annisa Putri Salsabila - Senin, 05 Oktober 2020 | 11:26
ilistrasi kegiatan belajar mengajar di kelas oleh seorang guru dan murid
gramedia.com

ilistrasi kegiatan belajar mengajar di kelas oleh seorang guru dan murid

HAI-Online.com - Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Peringatan itu mulai dilakukan pada tahun 1994.Dalam situs UNESCO, Hari Guru Sedunia merupakan tolak ukur soal hak, tanggung jawab guru, serta standar untuk persiapan awal dan pendidikan lanjutan, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar mengajar.

Baca Juga: Kostum Suster Cinta Jennie di Lovesick Girls Dikritik Pedas, YG Kena Kecam Dianggap Lecehkan Profesi Tenaga Medis

Hari Guru Sedunia diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan UNICEF, UNDP, Organisasi Perburuhan Internasional, dan Pendidikan Internasional.

Penetapan Hari Guru Sedunia sesuai dengan penandatanganan dokumen UNESCO terkait status guru di dunia.

Isi dokumen itu menjelaskan tentang standar perekrutan, pelatihan guru di seluruh dunia, dan pekerjaan serta kondisi kerja guru di dunia dapat diadvokasi.Peringatan Hari Guru Sedunia biasanya dilakukan dengan ngasih hadiah sederhana untuk diberikan kepada guru.

Perayaan Hari Guru Sedunia juga bisa diperingati dengan memberikan ucapan terima kasih kepada guru.

Baca Juga: Sepatu Kolaborasi Kaesang, Ventela dan Nevertoolavish Kaya Tradisi Budaya Indonesia

Lalu gimana dengan di Indonesia? Indonesia merayakan Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November. Hari itu bertepatan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).Pada 1994, pemerintah lewat Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sekaligus jadi Hari Guru Nasional pada 25 November.

Penetapan ini pun ditegaskan lagi lewat UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest