Follow Us

Intip 11 Masakan Khas Idul Adha dari Bebagai Daerah di Indonesia

Annisa Putri Salsabila - Jumat, 31 Juli 2020 | 15:08
Ilustrasi makanan khas masing-masing daerah ketika lebaran tiba

Ilustrasi makanan khas masing-masing daerah ketika lebaran tiba

Hai-online.com- Merayakan hari raya Idul Adha rasanya nggak lengkap kalo nggak sambil makan aneka sajian tradisional Indonesia yang melimpah ruah bareng keluarga.

Setiap daerah di Indonesia pasti punya semacam hidangan wajib saat perayaan hari besar seperti Idul Adha ini. Berikut hidangan Idul Adha khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa di antaranya jadi hidangan wajib, sehingga kalo nggak ada hidangan tersebut rasanya kurang afdal.

1. Aceh; Kari Kambing

Kari kambing jadi salah satu ikon kuliner Aceh. Kari kambing khas Kabupaten Bener Meriah, Aceh jadi salah satu yang terkenal. Biasanya masyarakat sekitar menyebut kari kambing ini dengan sebutan kuah sie kameng.

Kuah sie kameng ini jadi makanan wajib dalam perayaan adat Aceh seperti khitanan, pesta perkawinan, akikah bayi, dan perayaan hari besar Islam seperti Idul Adha. Biasanya kuah sie kameng dinikmati dengan pendamping nasi atau roti canai.

2. Sumatera Utara, Kari Kambing

Nggak cuman di Aceh aja, Sumatera Utara juga punya kari kambing yang sering jadi sajian utama. Nggak cuman di hari raya Idul Adha aja tapi juga di hari-hari biasa.

Kari sendiri merupakan sajian khas India yang kemudian menyebar ke banyak negara di dunia, salah satunya Indonesia. Di Indonesia, kari berdiaspora ke seluruh penjuru negeri dan punya perbedaan satu sama lain baik nama, tampilan, bentuk, maupun rasa.

Melansir Kompas.com, kari Medan konon punya rasa yang paling lembut di antara kari India dan kari Aceh.

Kari di Medan berpadu cantik dengan kuliner Melayu. Kari yang biasanya dimasak dengan susu, kemudian dimasak dengan santan hingga kini.

Halaman Selanjutnya

3. Sumatera Barat; Rendang
1 2 3 ... 5

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular