Follow Us

Temukan Spesies Kecoa Laut Mirip Darth Vader di Selat Sunda, Peneliti: Pencapaian yang Besar

Bayu Galih Permana - Minggu, 19 Juli 2020 | 16:30
Temuan kecoa laut raksasa di Selat Sunda.
via UNILAD

Temuan kecoa laut raksasa di Selat Sunda.

HAI-Online.com - Baru-baru ini, kelompok peneliti yang berasal dari Singapura dilaporkan telah berhasil menemukan sebuah spesies baru kecoa laut raksasa di Samudra Hindia.

Menariknya, wujud temuan spesies baru kecoa laut raksasa tersebut mirip dengan salah satu karakter yang ada di film Star Wars, Darth Vader.

Melansir dari UNILAD, hewan yang juga dikenal dengan sebutan isopoda ini ditemukan para peneliti di Selat Sunda, tepatnya pada kedalaman 1,3 mil (sekitar 2,09 km).

Kecoa laut raksasa yang ditemukan di Selat Sunda tersebut kemudian diberikan nama cukup menarik oleh para peneliti, yaitu Bathynomus raksasa.

Baca Juga: Malu Bicara Hilang Kemaluan, Pemuda Ini Miliki Kanker Penis yang Bikin Dia Malu Periksa ke Dokter

Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Conni Margaretha mengatakan, isopoda yang didapatkan memang berukuran sangat besar, bahkan duduk di posisi terbesar kedua dari genus Bathynomus.

Lebih lanjut, Conni juga menjelaskan bahwa ini merupakan penemuan Bathynomus pertama dari laut dalam Indonesia, yang tentunya sangat penting untuk penelitian taksonomi krustasea laut dalam.

Temuan kecoa laut raksasa di Selat Sunda.
LIPI

Temuan kecoa laut raksasa di Selat Sunda.

"Penemuan Bathynomus pertama dari laut dalam Indonesia sangatlah penting untuk penelitian taksonomi krustasea laut dalam, mengingat penelitian serupa masih langka di sini," jelas Conni.

Sementara itu, Kepala Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cahyo Rahmadi mengaku, temuan Bathynomus raksasa ini menjadi pencapaian besar bagi para ahli taksonomi.

"Penemuan spesies baru ini merupakan pecapaian besar bagi ahli taksonomi," ujar Cahyo. (*)

Source : Unilad

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest