Follow Us

Mau Pendidikan Merata, Virgil Abloh Berikan Beasiswa Rp 14 Miliar untuk Kreator Kulit Hitam

Annisa Putri Salsabila - Sabtu, 11 Juli 2020 | 14:48
Virgi Abloh
Whiteboard Journal

Virgi Abloh

Hai-Online.com- Di AS, pendidikan didistribusikan secara nggak merata, sehingga menghasilkan ketimpangan.

Hal inilah yang coba diubah sama perancang busana Louis Vuitton dan Off-White, Virgil Abloh.

Beberapa waktu lalu, Abloh mengumumkan dana beasiswa awal bernilai 1 juta dollar AS (sekitar Rp 14 miliar).

Dana ini akan diberikan ke kreator berkulit hitam, Afrika-Amerika, atau keturunan Afrika.

Baca Juga: Rihanna dan CEO Twitter Bagikan 4000 iPad untuk Pelajar Terdampak CoronaDiberi nama Virgil Abloh "Post-Modern" Scholarship Fund, dana itu merupakan kontribusi Abloh, dan pendanaan lebih lanjut dari mitranya Louis Vuitton, Evian, dan New Guards Group, serta ritel fesyen mewah Farfetch.

Virgil Abloh "Post-Modern" Scholarship Fund bakal kerja sama dengan Fashion Scholarship Fund (awalnya bernama Young Menswear Association), yang beroperasi di AS sejak 1937 untuk menciptakan peluang bagi kreasi-kreasi fesyen anak muda AS dari segala latar belakang.

"Dengan metrik yang kami proyeksikan, kami bakal menempatkan 100 anak-anak berkulit hitam melalui berbagai spektrum lembaga pendidikan," kata Abloh, seperti dilansir Vogue.

"Saat saya berusia 17 tahun, orangtua ingin saya jadi insinyur, tetapi saya ingin menjadi perancang busana. Saya berusia 39 tahun dan perlu waktu untuk bekerja sampai di sini dan membuktikan silsilah saya serta berada dalam posisi melakukan perubahan."

Baca Juga: Dampak Pandemi, Sindrom Patah Hati Makin Meningkat, Ini Hasil Studinya!

"Manfaat dari pemberontakan ini adalah kita memerhatikan masalah sistemik, kita tidak bisa melanjutkan. Sudah waktunya bagi kita untuk membuat industri ini bukan tentang fesyen, tetapi tentang orang-orang."

"Saya telah menuangkannya ke dalam pekerjaan saya. Saya melihat ini sebagai ajakan untuk mengambil lebih banyak tantangan yang tidak hanya berakhir di runway, namun mengubah kehidupan orang lain." (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Virgil Abloh Beri Beasiswa Rp 14 Miliar untuk Kreator Berkulit Hitam",

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest