Follow Us

Kaos Polo Ternyata Sudah Ada di India Sejak 1800-an, Gini Sejarahnya

Dio Firdaus - Selasa, 12 Mei 2020 | 15:00
ilustrasi baju polo
iStockphoto

ilustrasi baju polo

HAI-ONLINE.COM- Kaos polo saat ini nggak hanya populer untuk kalangan orang tua saja, anak muda juga kerap kali menggunakan kaos berkerah ini.

Kalau dilihat dari style-nya, kaos polo ini memang cocok untuk dipakai saat ingin berdandan santai tapi masih terlihat rapih atau sedikit formal.

Saat ini, merek kaos polo yang paling terkenal di seluruh duia adalah Polo Ralph Lauren. Meskipun punya nama brand yang sama dengan jenis kaosnya, tapi bukan berarti polo itu aslinya dari produsen itu loh sob.

Menghimpun dari Majalah Intisari (Agustus 2016) yang dikutip Bobo, ternyata baju polo pertama kali ada di Manipur, India, pada 1800-an silam.

Baca Juga: Bikin Iklan Mahal-mahal, Eh 10 Barang Ini Malah Kayak Produk Gagal

Awalnya, tentara inggris yang ada di India mengenakan kemeja katun lengan panjang untuk bermain olahraga polo -olahraga di mana pemainnya harus berkuda sambil berusaha memasukan bola dengan pukulan tongkat.

Sejarah kaos polo
SlideShare

Sejarah kaos polo

Karena nggak nyaman, akhirnya mereka menggunakan baju yang ditambhkan kancing di ujung kerah agar nggak melambai-lambai saat digunakan bermain.

Kemudian model baju berkerah itupun sampai ke Inggris dan nggak lama setelah itu John E. Brooks dari perusahan baju Brooks Brothers terkesan melihat kemeja itu dan memproduksinya pada 1896.

Hingga kini, Brooks Brother yang dianggap sebagai pemegang hak paten dari baju polo ini.

Sementara itu, Ralph Lauren baru membuat kaos polo di perusahannya pada 1972 dan memberi nama perusahannya Polo Ralph Lauren.

Karena menggunakan nama "Polo" pada nama perusahaannya ini lah yang membuat banyak orang berpikir kalau baju polo itu berasal dari Ralph Lauren.

Padahal, Ralph sendiri dulunya pernah bekerja di perusahaan Brooks Brothers.

Source : intisari, bobo

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest