Follow Us

Mungkin Belum Banyak yang Tahu, Glenn Fredly Pernah Punya Lagu Dangdut Bareng Libertaria

Alvin Bahar - Rabu, 08 April 2020 | 20:41
Glenn Fredly
Ismaya Live

Glenn Fredly

HAI-ONLINE.COM - Warisan Almarhum Glenn Fredly pastinya adalah karya r&b dan popnya.Namun, semasa hidupnya sebenarnya Glenn sangat terbuka dengan banyak genre musik.Bahkan karier Glenn diawali sebagai vokalis band bergenre funk, yakni Funk Section.Nah, kalo fakta ini mungkin belum banyak yang tahu.Glenn Fredly pernah punya lagu dangdut lho!Yap, pada 2016 lalu Glenn Fredly menjadi kolaborator grup dangdut unik bernama Libertaria.Libertaria, duo elektronika asal Yogyakarta yang dikomandoi dua anggota Jogja Hip-Hop Foundation, merilis album "Kewer-kewer" pada 2016 dengan nuansa dangdut modern yang unik.Marzuki Mohamad a.k.a Kill the DJ bersama Balance menyebut album ini sebagai post dangdut elektronika.

Baca Juga: Sebelum Wafat, Glenn Fredly Buka Donasi Untuk Bantu Kebutuhan Ekonomi Warga Rentan Corona

Judul albumnya sendiri mengambil satu lagu yang direncanakan menjadi hit single, yaitu Kewer-Kewer.Dangdut menjadi pilihan karena Libertaria ingin berkomunikasi dengan lapisan masyarakat paling bawah melalui lagu. Cara komunikasi yang paling baik adalah menggunakan bahasa yang dipahami. Apapun tema yang ingin dibicarakan, Kill the DJ yang sering menulis lirik hanya beberapa saat menjelang rekaman itu mengaku harus menyederhanakan kata-kata agar mudah dipahami. Lagu dangdut dengan tema sosial memang jarang, apalagi dengan sentuhan elektronika gaya Libertaria.Pada album Kewer-Kewer ini, Kill the DJ dan Balance bekerja layaknya produser. Libertaria hanya memproduseri musik yang dipresentasikan oleh penyanyi lain.

Baca Juga: Tompi Konfirmasi Glenn Fredly Meninggal Karena Idap Meningitis

Maka munculah nama-nama kolaborator seperti: Glenn Fredly, Heruwa (Shaggydog), Farid Stevy (FSTVLST), Riris Arista (penyanyi orgen tunggal asli), hingga teman-teman gitaran dan nongkrong mereka.Dengerin lagu dangdut Glenn Fredly di bawah ini:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest