Follow Us

Jangan Bandel, WHO Saranin untuk Pake Masker Hanya dalam Kondisi Sakit

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 31 Maret 2020 | 11:02
larangan who untuk pake masker kecuali yang sakit
tribunnews.com

larangan who untuk pake masker kecuali yang sakit

Hai-Online.com - Masyarakat akhir-akhir ini justru semakin banyak ngeborong masker setelah himbauan dari Menteri Kesehatan Dr. Terawan nyaranin untuk nggak pake kecuali yang lagi sakit.

Namun masyarakat malah abai dan, justru semakin banyak yang mengincar stok masker meskipun tidak sedang sakit.

Baca Juga: Parodi Lagu Queen Coronavirus Rhapsody Jadi Viral di Youtube

Hal ini jadi perhatian khusus sama WHO yang ngerekomendasiin untuk nggak make masker kalo lagi nggak sakit atau ngerawat orang sakit.

Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia, Senin (30/3/2020) mengatakan kalo mereka masih merekomendasiin ke semua orang untuk nggak pakai masker wajah kecuali mereka sakit karena Covid-19 atau lagi ngerawat yang lagi sakit.

WHO ngasih pernyataan "Nggak ada bukti yang spesifik, nunjukin kalo pakai masker secara massal punya potensi yang bermanfaat. Bahkan, ada beberapa bukti yang nunjukin sebaliknya dalam penyalahgunaan pemakaian masker dengan benar atau memasangnya dengan benar." Dr. Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan kesehatan WHO saat konferensi pers di Jenewa, Swiss, Senin (30/3/2020).

Baca Juga: Corona Melanda, Haruka Nekat Tinggalkan Indonesia Lebih Cepat dari Agendanya

Dia nambahin "Ada masalah kalo kita punya kekurangan global yang sangat besar, terutama masker dan persediaan medis lainnya, karena saat ini orang-orang yang paling berisiko dari virus ini adalah petugas kesehatan di garda terdepan yang terpapar virus setiap detik setiap hari, dan kita semua harus memikirkan mereka yang nggak pake masker."

Dr Maria Van Kerkhove, seorang ahli epidemiologi penyakit menular di WHO, juga mengatakan "kami memprioritaskan penggunaan masker bagi mereka yang paling membutuhkannya, yang akan jadi pekerja perawatan kesehatan garis depan, di masyarakat, kami nggak merekomendasikan penggunaan masker kecuali anda sendiri lagi sakit dan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran dari diri anda kalo lagi sakit," jelas Van Kerkhove lagi.

Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia di sebuah pengarahan media pekan lalu mengataan bahwa secara global ada "kekurangan" pasokan medis, termasuk alat pelindung diri atau APD untuk dokter.

"Kita harus jelas," kata Van Kerkhove minggu lalu.

"Dunia menghadapi kekurangan signifikan dari APD untuk pekerja garis depan kami termasuk masker dan sarung tangan, baju pelindung wajah dan melindungi pekerja perawatan kesehatan kita harus menjadi prioritas utama untuk penggunaan APD ini."

Tuh, jangan bandel dan lebay parnonya ya, kalo di rumah ya jangan pake masker juga nanti boros atuh. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest