Follow Us

Breaking News

Ngintip Penjurian Super Art Fest 2019, Siapa yang Bakal Jadi Juara?

Alvin Bahar - Jumat, 18 Oktober 2019 | 20:00
Juri Super Art Fest
Dok. Super Art Fest

Juri Super Art Fest

HAI-ONLINE.COM - Bertempat di Yello Hotel, Manggarai, Jakarta, 20 (dua puluh) finalis kompetisi Super Art Fest berkumpul dan bertemu langsung dengan para juri yaitu Tutu (juri kategori Street Art), Emte (juri kategori Ilustrasi), Sanchia (juri kategori Comic Strip), Hardthirteen (juri kategori Custom Sneakers), selain itu, kali ini para finalis juga akan bertemu Leon Barto, kurator Super Art Fest dan juga kurator di Yamaguchi Art Center, Jepang, yang khusus kembali ke Jakarta untuk sesi jumpa juri. Pada tahap penjurian ini, para finalis akan mempresentasikan karya mereka, dan harus melalui sesi tanya jawab dengan para juri sebagai penilaian akhir yang akan menentukan posisinya sebagai juara.

Panitia, juri dan kurator menetapkan 3 kriteria penilaian, antara lain kriteria dasar yang akan menguji konsep, ide pengaplikasian, keserasian antara konsep dan aplikasinya, hingga tersampainya pesan.

Kriteria kedua adalah kriteria teknis penilaian yang disesuaikan dengan teknis tiap kategori kompetisi, dan yang terakhir adalah kriteria penilaian yang dibuat khusus untuk sesi temu juri.

"Sebenarnya lebih ke pengen tahu secara personal karena kan medium yang kita angkat dalam Super Art Fest ini medium populer hampir dikerjakan sama sebagian besar orang. Yang menarik sejauh mana konsistensi dari teman-teman sampai tahap ini ngobrol cara berpikirnya gimana fokus utama mereka berkarya dan influence mereka. Yang ingin kita gali lebih jauh pada momen ini apa aja yang menjadi ketertarikan teman-teman berkarya," kata Leon Barto, kurator Super Art Fest. Setelah tahapan jumpa juri ini, panitia akan mengumumkan 3 Juara dari setiap kategori. Para juara akan mendapatkan hadiah uang tunai bernilai jutaan rupiah sedangkan khusus untuk juara pertama selain mendapatkan uang tunai, juga akan diberangkatkan untuk melihat festival seni tahunan HongKong Walls dan Hong Kong Art Basel di tahun 2020.

Baca Juga: Keren, Kampus Ini Pakai Robot Rancangan Mahasiswanya Saat Upacara Wisuda Sejak kompetisi Super Art Fest berlangsung, dengan 4 kategori seni yang dikompetisikan, berhasil menjaring 552 peserta. Peserta yang mendaftar datang dari berbagai kalangan dan pengalaman, dari pemula hingga professional dari berbagai pelosok Indonesia seperti Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera.

Jabodetabek menyumbangkan peserta terbanyak, disusul secara berurutan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Bali, Sulawesi, Kalimantan, dan Lombok. Setelah tahapan temu juri ini, masih akan terdapat Promotion Night yang akan diselenggarakan pada bulan Januari 2020 yang khusus dipersembahkan bagi para finalis bertujuan untuk mempromosikan karya para finalis sekaligus menjadi acara ‘pemanasan’ menuju acara Awarding Night yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 Februari 2020 di Livespace, SCBD mendatang. Pastikan untuk dukung, datang dan jadi bagian dari Super Art Fest. “Perkembangan industri kreatif di Indonesia saat ini berkembang dengan baik, khususnya di bidang kreasi visual melalui seni ilustrasi, comic strip, street art dan custom art. Super Art Fest menghadirkan wadah baru bagi para penggiat seni kreatif di Indonesia dengan semangat muda, berkarakter serta berani untuk mencoba hal-hal baru! Hal ini sejalan dengan semangat Supermusic sebagai media musictainment yang gak hanya mendukung perkembangan dunia musik tapi juga dunia seni dan kreatifitas di Indonesia” ujar Adjie Aditya Purwaka, dari Supermusic. It’s Time to Stand Out!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular