Follow Us

Suka Minum Es Kopi? Ketahui Batasannya Dalam Sehari!

HAI Internship - Jumat, 04 Oktober 2019 | 20:30
Dalam sehari sebaiknya tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan
Pixabay/PublicDomainPictures

Dalam sehari sebaiknya tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan

Hai-Online.com - Minum kopi memang sudah jadi kebiasan bagi banyak orang. Dari orang tua, hingga remaja sekali pun. Rasanya, belum lengkap kalau dalam sehari belum minum kopi entah di pagi hari, malam, atau bahkan keduanya.

Namun, terlalu banyak minum kopi justru dapat berisiko terkena penyakit jantung. Sehingga, sebaiknya kopi nggak dikonsumsi secara berlebihan.

The American Journal of Clinical Nutrition memuat sebuah penelitian yang melibatkan 347.077 relawan yang terdiagnosis penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu yang memiliki varian gen CYP1A2, dan kelompok kedua yang tidak memiliki varian gen tersebut.

CYP1A2 sendiri merupakan varian gen yang bisa membuat seseorang lebih sulit memetabolisme semua kafeina yang dicerna. Akibatnya, orang yang memiliki varian gen ini lebih berisiko untuk terkena hipertensi atau penyakit jantung.

Hasil dari penelitian tersebut adalah, jumlah kopi yang dikonsumsi dapat memengaruhi risiko penyakit jantung, yang berlaku untuk setiap relawan penelitian. Sehingga studi tersebut menyarankan untuk tidak meminum kopi lebih dari enam cangkir dalam sehari.

Nah, sebenarnya selain risiko penyakit jantung, ada juga gangguan lain yang bisa dialami secara fisik dan mental jika terlalu banyak minum kopi. Gangguan tersebut antara lain:

Baca Juga: Sebal Sama Rusuhnya Demo Pelajar Kemarin? Sebarin Dengan #DoperYourVoice

  • Detak jantung menjadi cepat
  • Merasa gelisah dan mudah gugup
  • Sakit kepala sebelah
  • Insomnia
  • Tekanan darah menjadi tinggi
  • Tremor
Terlepas dari hal tersebut, kopi tetap memiliki manfaat jika dikonsumsi dengan benar atau dalam batas wajar. Kopi bisa membantu dalam bekerja lebih optimal. Karena, kafein dalam kopi ajan mengurangi senyawa alami dalam tubuh (adenosin) yang bikin ngantuk.

Nggak hanya itu, kopi juga merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh, bahkan melebihi teh. Antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas, serta melawan penyakit yang menyerang tubuh. Sebuah studi dari Universitas Harvard menemukan bahwa konsumsi kopi secara rutin bisa membantuk mengurangi risiko kanker prostat pada laki-laki.

(Lubna Shafira/HAI)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest