Follow Us

Resmi, Android Berhenti Gunakan Makanan Manis Untuk Nama Serinya

Dio Firdaus - Minggu, 25 Agustus 2019 | 16:00
Android 10
9to5Google

Android 10

Hai-online.com- Dari tahun ke tahun, Android selalu menginisialkan nama serinya dengan nama-nama makanan manis mulai dari Android Donut sampai yang terakhir Android Pie. Loh kok terakhir?

Yap, mulai dari tahun ini, alias Android Q, Google resmi meninggalkan penggunaan nama-nama makanan manis sebagai nama dari versi Androidnya. Jadi saat ini, Android Q memiliki nama resmi Android 10.

Angka 10 ini yang digunakan ini pun merujuk pada usia Android yang tahun ini menginjak satu dekade.

Merangkum dari KompasTekno, Sameer Samat, VP Product Management Android, keputusan penamaan Android 10 yang terdengar lebih simpel, diambil karena nggak semua orang tau nama makanan-makanan manis.

"Misalnya, pelafalan huruf L dan R di beberapa bahasa akan berbeda. Jadi ketika ada orang yang mendengar kami mengatakan Android Lollipop, itu nggak terdengar jelas seperti penerus Android KitKat," jelas Samat.

Baca Juga: Ngalahin Gareth Bale, Pesepakbola Ini Jadi yang Tercepat di Dunia

Karena hal itu lah, beberapa pengguna awam nggak sadar dengan versi Android apa yang mereka gunakan; ntah itu yang terbaru atau sudah ketinggalan zaman.

"Ada banyak nama makanan penutup berawalan huruf "Q" yang menarik, tapi kami mempertimbangkan di versi ke-10 dan 2,5 miliar perangkat aktif, inilah waktunya berubah" tulis sama di blog resmi Google, yang HAI kutip dari KompasTekno.

Yap, dengan begini, sepertinya kita udah nggak akan lagi menebak nama-nama makanan manis yang cocok digunakan untuk Android saat hendak mengeluarkan versi terbaru.

Untuk ketersediannya, Android 10 sudah tersedia dalam versi beta publik. Bagi kamu yang menggunakan ponsel Pixel, mungkin sudah bisa merasakannya dan akan siap meluncur dalam versi alpha dalam waktu dekat.

Source : kompastekno

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest