Follow Us

Kick Starter di Motor Jadi Keras? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ricky Nugraha - Sabtu, 10 Agustus 2019 | 13:10
Ilustrasi kick starter motor

Ilustrasi kick starter motor

HAI-online.com - Motor-motor baru di jaman sekarang memang sudah jarang yang cuma mengandalkan kick starter atau engkol untuk menyalakan motor.

Starter elektrik dipilih karena penggunaannya lebih mudah dan efisien.

Meski begitu, kick starter tetap diberikan pada motor untuk digunakan dalam keadaan darurat, yaitu saat electric starter nggak berkerja atau aki dalam kondisi nggak optimal.

Namun saat menggunakan kick starter, nggak jarang pengguna malah kesusahan karena komponen tersebut menjadi keras atau macet.

Baca Juga: Udah Ganti Aki Baru Tapi Masih Tetep Tekor? Ini Mungkin Penyebabnya

Mengenai masalah tersebut, Technical Service Division Astra Honda Motor, Endro Sutarno, mengatakan bahwa itu terjadi karena pinion di kick starter kotor atau berkarat.

Pinion di komponen tersebut berfungsi untuk meneruskan daya putar motor (saat starter) ke mesin.

"Memang, kenyataannya hampir semua pengguna motor khususnya matik jarang menggunakan kick starter. Begitu ingin digunakan, keras. Hal ini dikarenakan bagian tersebut sudah kotor bahkan ada yang berkarat karena tanpa ada grease atau gemuk-nya," ujar Endro dikutip dari Kompas.com.

Kalau sudah mengalami hal tersebut, ia mengatakan untuk membersihkan bagian penghubung gir dengan memakai kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor).

Baca Juga: Perhatikan, Ini Alasan Kalian Nggak Boleh Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin

Lalu dioleskan gemuk atau grease pada starter pinion dan alir gir supaya nggak keras lagi.

"Mudahnya datang saja ke bengkel atau diler. Karena bagian ini harusnya memang dirawat secara berkala setidaknya 6 bulan atau 8.000 kilometer walau jarang digunakan. Termasuk cek kembali bagian CVT-nya," ujarnya. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular