Follow Us

Dari IPDN hingga STAN, Simak Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2019

Bayu Galih Permana - Kamis, 13 Juni 2019 | 12:00
Ilustrasi ujian berbasis komputer
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Ilustrasi ujian berbasis komputer

HAI-Online.com - Buat lulusan SMA/sederajat yang tertarik untuk melanjutkan studi ke sekolah-sekolah milik pemerintah atau sekolah kedinasan, pada 2019 ini total ada delapan instansi atau lembaga yang membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi di masing-masing sekolah, calon mahasiswa baru nantinya akan mengikuti ujian berbasis komputer (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menurut keterangan Mohammad Ridwan selaku Kepala Biro Humas BKN, seleksi CAT BKN sendiri akan dilaksanakan di 14 Kantor Regional BKN, 16 UPT BKN dan beberapa sekolah kedinasan yang menyiapkan fasilitas secara mandiri.

"Soal menggunakan SKD CPNS 2018 untuk tingkat SMA. Untuk STAN seluruhnya memakai fasilitas mandiri milik STAN, tetapi sistem tetap memakai CAT BKN. Untuk IPDN, sebagian mandiri, yang lain tetap di BKN," terang Ridwan seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini, Catat Nih Hal-hal Penting yang Wajib Diperhatikan

Lebih lanjut, Ridwan menegaskan bahwa pihak BKN telah berkoordinasi dengan instansi sekolah kedinasan terkait mengenai proses pelaksanaan seleksi, dan menyiapkan soal-soal latihan di situs cat.bkn.go.id untuk calon mahasiswa baru.

"Infrastuktur, SDM BKN, semuanya sudah siap," tambah Ridwan.

Sejauh ini sudah ada beberapa sekolah kedinasan yang telah melakukan ujian CAT pada Mei lalu, sehingga tersisa enam instansi atau lembaga pemerintah tersisa yang bakal menyelenggarakan tes, di antaranya:

  • Badan Siber dan Sandi Negara (Sekolah Tinggi Sandi Negara/STSN): 17-18 Juni 2019
  • Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Poltekip/Poltekim): 18-22 Juni 2019
  • Kementerian Dalam Negeri (Institus Pemerintahan Dalam Negeri/IPDN): 24 Juni-1 Juli 2019
  • Kementerian Keuangan (Politeknik Keuangan Negara STAN): 3-13 Juli 2019
  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Geofisika/STMKG): 9-13 Juli 2019
  • Kementerian Perhubungan: 1-3 Juli 2019 dan 22-23 Juli 2019
Sementara itu, untuk jadwal tes untuk masing-masing peserta, calon-calon mahasiswa baru bisa langsung mengaksesnya melalui situs resmi instansi yang dipilih. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest