Follow Us

Grup WhatsApp Ternyata Banyak Makan Memori, Begini Cara Membersihkannya

Bayu Galih Permana - Minggu, 09 Juni 2019 | 19:40
Ilustrasi WhatsApp
Pixabay / arivera

Ilustrasi WhatsApp

HAI-Online.com - Pada pernah ngalamin nggak, merasa nggak ada yang nge-chat tapi pas dicek memori internal ponsel kalian sebagian besar ruangnya ternyata dipenuhi data-data dari aplikasi WhatsApp? Kalau iya jangan panik, bisa jadi itu karena grup WhatsApp.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas Tekno, besarnya ruang memori yang termakan ini terjadi karena di dalam grup WhatsApp, pesan yang dikirim oleh seluruh anggota mau nggak mau akan masuk dan tertimbun ke dalam ponsel pengguna.

Belum lagi, kebanyakan anggota grup WhatsApp seringkali mengirim jenis pesan multimedia, di antaranya stiker, dokumen, GIF, foto, maupun video yang tentu saja memiliki ukuran lebih besar apabila dibandingkan dengan pesan teks.

Mengingat besarnya ruang memori yang terbuang sia-sia karena grup WhatsApp tapi jarang orang menyadarinya, kali ini HAI pengen sedikit berbagi tips nih untuk membersihkannya dan membuat memori internal ponsel menjadi lebih lega.

Baca Juga: Suka Valak, Bocah 3 Tahun Ini Minta Pesta Ulang Tahun Bertema The Nun

Baik untuk pengguna Android maupun iOS, masuk ke pilihan menu Settings yang berada dalam aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk di bagian Storage usage pada Data and storage usage.

Cara bersihkan data grup WhatsApp
Kompas.com

Cara bersihkan data grup WhatsApp

Setelah dipilih, maka nantinya pengguna akan menemukan daftar besarnya memori yang dipotong untuk masing-masing jendela chat, entah itu personal maupun grup, dengan urutan dari ukuran paling besar ke kecil.

Apabila sudah terlihat, pengguna tinggal mengecek di masing-masing chat terkait bentuk file apa yang paling besar, sebelum akhirnya memilih jenis data yang akan dihapus untuk membuat memori internal ponsel menjadi lebih lega.

Cara bersihkan data grup WhatsApp
Kompas.com

Cara bersihkan data grup WhatsApp

Gimana, nggak susah kan sob? Udah, buruan langsung dicek dan dihapus tuh file-file yang memenuhi memori internal ponselmu. (*)

Editor : Al Sobry

Latest