Follow Us

Benarkah Perkedel Singkatan dari 'Persatuan Kentang dan Telur'?

Bayu Galih Permana - Rabu, 01 Mei 2019 | 13:30
Perkedel
Twitter & KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA

Perkedel

HAI-Online.com - Siapa sih yang nggak suka perkedel? Makanan yang berbahan dasar kentang dan telur ini emang paling cocok buat side dish ketika makan soto ataupun sekedar dinikmati sebagai teman minum kopi maupun teh.

Meskipun menjadi salah makanan favorit, anehnya kebanyakan orang nggak mengetahui bahwa perkedel itu merupakan sebuah singkatan, tapi bukan 'pernah kecewa karena LDR' lho, melainkan 'PERsatuan KEntang Dan tELur'.

Sama seperti halnya pengguna Twitter dengan akun @uniqoriya yang mengetahui bahwa perkedel merupakan sebuah singkatan dari 'persatuan kentang dan telur' pada Senin lalu (29/4).

"Baru tau kepanjangan 'PERKEDEL' Persatuan Kentang dan Telur. TERCENGANG SENDIRI," tulis @uniqoriya.

Baca Juga : Kocak! Gelar Resepsi Pernikahan, Pengantin Pria Malah Sibuk Main PUBG

Dilansir dari Wikipedia, perkedel sendiri merupakan makanan yang terbuat dari kentang tumbuk, dicampur menggunakan daging cincang, irisan daun bawang, seledri, serta bumbu-bumbu, yang kemudian dibentuk bulat gepeng, dicelupkan dalam kocokan telur, sebelum akhirnya digoreng.

Nama perkedel sendiri sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda 'Frikadel', makanan asli dari Eropa yang terbuat dari lumatan daging cincang dan kemudian digoreng.

Apabila dibandingkan dengan versi Eropa, perkedel di Indonesia lebih banyak terbuat dari kentang dan hanya diberi sedikit atau bahkan nggak ada campuran daging cincang ataupun kornet seperti Frikadel.

Selain kentang, sejumlah masyarakat Indonesia selama ini diketahui juga senang membuat kreasi dengan mengganti bahan utama perkedel menjadi ubi jalar ataupun tahu.

Gimana, udah pada tahu kan sekarang? Btw, kalian termasuk yang baru ngeh atau udah tahu kalau perkedel itu singkatan dari 'PERsatuan KEntang Dan tELur'? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest