Follow Us

Teraneh, Susu Kecoa Ternyata Baik untuk Kesehatan Manusia

Al Sobry - Selasa, 12 Maret 2019 | 21:10
Teraneh, Susu Kecoa Ternyata Baik untuk Kesehatan Manusia
huffingpost

Teraneh, Susu Kecoa Ternyata Baik untuk Kesehatan Manusia

HAI-Online.com - Sekitar dua tahun lalu, minuman aneh ini mengejutkan dunia kesehatan, guys! Gumana nggak, dari nama campuran ini aja udah bikin jijik duluan.

Tapi sungguh, setelah khasiatnya terungkap, uhhh yeay mungkin aja isi kepala kita pun jadi berubah soal prosuk susu kecoa ini!

Jadi ceritanya gini, baru-baru ini terdapat sebuah penelitian mengemukakan kecoa bisa menghasilkan susu yang bergizi tinggi.

Bahkan kandungan gizi yang ada dalam susu kecoa sangat mengejutkan. Dalam penelitian menunjukkan kalau susu kecoa kaya akan protein, lemak dan gula.

Baca Juga : Kandungan Protein di Roti Tepung Kecoak Dinilai Lebihi Daging, Berani Coba?

Nggak hanya itu, susu kecoa juga mengandung 3 hingga 4 kali lebih banyak energi dibandingkan susu kerbau dan susu sapi.

Namun untuk susu kecoa ini bukanlah kecoa sembarangan seperti yang ada di rumah. Kecoa yang dimaksud adalah jenis spesies kecoa Diploptera punctata.

Menurut Times Of India, jenis itu merupakan satu-satunya kecoa yang melahirkan untuk tetap muda.

Sebuah tim periset yang dipimpin oleh pakar kimia Subramaniam Ramaswammy di Bangalore, India, juga telah mempelajari komposisi kristal-kristal yang ditemukan dalam perut anak kecoak itu.

“Kami mendapati bahwa susu kecoak ini tiga kali lebih tinggi nilai kalorinya dibanding susu kerbau, yang selama ini dianggap paling tinggi kandungan protein dan kalorinya,” kata Ramaswammy memaparkan hasil penelitian. Tiap kristal diperkirakan mengandung lebih dari 3 kali jumlah energi yang ditemukan dalam rata-rata produk susu sapi kebanyakan.

Meski begitu tentu sulit memerah susu dari kecoa. Kristal protein terbentuk di perut kecoa pada saat binatang itu mengkonsumsi susu cair.

Karena tidak bisa diperah, kristal protein itu diambil dari embrio serangga. Kemudian diproses sedemikian rupa sehingga aman dikonsumsi oleh manusia. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular