Follow Us

8 Fitur Penting di Whatsapp Tapi Banyak Yang Nggak Tahu

Rizki Ramadan - Minggu, 24 Februari 2019 | 10:51
Trik modifikasi huruf untuk WhatsApp
Rizki Ramadan

Trik modifikasi huruf untuk WhatsApp

HAI-online.com - Siapa sangka, aplikasi pesan instan WhatsApp ternyata memiliki sejumlah fitur rahasia yang tersembunyi. Kendati disebut tersembunyi, sebenarnya fitur ini bisa diakses siapa saja jika mengetahui caranya.

Pengguna bisa memakainya untuk memudahkan berbagai hal, seperti menjaga privasi, mengurangi konsumsi data, hingga menyimpan berbagai percakapan ke dalam bentuk teks.

Sebagaimana dilansir HAI dari KompasTekno, berikut ini 8 dari beberapa fitur tersembunyi di WhatsApp.

Baca Juga : 10 Kosa Kata Bahasa Inggris Yang Nggak Banyak Diketahui Padahal Keren Artinya

1. Menyembunyikan “Last Seen”

WhatsApp mengizinkan pengguna saling melihat waktu online terakhir masing-masing. Namun bila hal ini dirasa mengganggu privasi, kamu bisa menyembunyikan tanda “last seen” tersebut.

Caranya, pilih menu Setting, kemudian pilih tab Account dan Privacy. kamu akan menemukan bilah bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up.

Kamu tinggal milih Everybody agar semua orang bisa melihat “Last Seen” tersebut, pilih My Contact supaya hanya orang dalam buku kontak saja yang bisa melihat, atau pilih Nobody agar nggak ada satu pun yang bisa melihat informasi tersebut.

2. Backup percakapan

Kamu bisa membuat cadangan data percakapan sehingga saat berganti ponsel, semua percakapan lawas bisa dipulihkan kembali. Caranya pun mudah.

Pada menu pengaturan atau Setting, carilah tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan ke dalam Google Drive.

Cukup dengan memasukkan akun Gmail kamu, serta mengatur agar aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Selanjutnya semua akan berjalan otomatis.

3. Menyimpan percakapan dalam bentuk teks

Pengguna WhatsApp bisa menyimpan berbagai percakapan mereka ke dalam bentuk teks. Ini berguna bila kamu termasuk orang yang rapi dan senang menyimpan berbagai arsip percakapan.

Caranya, bukalah tab obrolan yang ingin kamu simpan dalam bentuk teks. Sentuh tiga titik yang berada di kanan atas, lanjutkan ke bilah More dan sentuh pilihan Email Chat.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest