Follow Us

Catet! 5 Lembaga Tes TOEFL Terpercaya di Bandung dan Sekitarnya

Dewi Rachmanita - Senin, 26 Juni 2023 | 11:39
(Ilustrasi) tes bahasa Inggris TOEFL
iStockphoto

(Ilustrasi) tes bahasa Inggris TOEFL

Hai-Online.com - Nggak cuma penting untuk punya sertifikat lomba atau ikut-ikut acara, sertifikat TOEFL pun penting banget bro untuk masa depan.

Mulai dari apply kerja sampai beasiswa. Mesti paham nih, kalau nggak semua lembaga itu hasil TOEFL-nya bisa dipakai di segala hal. Tesnya pun nggak asal.

Buat lo di daerah Bandung dan sekitarnya, Hai kasih nih rekomendasi lembaga TOEFL yang terpercaya. Sikat!

Baca Juga : Apa Bedanya TOEFL dan IELTS Dan Mengapa Sebagai Pelajar Kita Perlu Mengikuti Tesnya

1. EF

English First (EF) punya program TOEFL ITP yang bakal mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris lo dengan sistem pilihan ganda. Ada tiga sesi yang diujikan, yaitu Listening COmprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension.

Lo bisa ikut testnya di EF Cimahi, yakni di Jalan Jend. H. Amir Machmud No.499, Karangmekar, Cimahi. Selama bulan Februari ini, ada tiga jadwal, yaitu pada 8, 15, dan 22. Sedangkan untuk biayanya Rp600.000.

2. UPT Bahasa ITB

Lembaga ini berada di Gedung CADL Lantai 1-5, ITB. Tepatnya di Jalan Ganesha No.10, Bandung. Jadwal tesnya bakal di-update di situsnya. Namun, yang pasti tes bakal dilaksanain pada pukul 13.30-15.30. Biaya tesnya yakni Rp500.000.

3. Pusat Bahasa FIB Unpad

Lokasinya berada di Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, yakni di Jatinangor dan di Gedung 4 Lantai 1 Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad Jalan Dipati Ukur No.35, Bandung. Jadwal tesnya setiap minggu ketiga tiap bulan sob. Biaya tesnya Rp550.000.

4. Balai Bahasa UPI

UPI juga punya bro. Berada di Balai Bahasa UPI itu sendiri, yakni di Jalan Setiabudhi No. 229 Isola, Sukasari, Bandung. Jadwal tesnya mesti lo konfirmasi lagi langsung ke lembaga terkait. Namun, yang pasti tes diselenggarain mulai pukul 08.30-11.30. Biayanya sendiri Rp575.000

5. LAC Telkom University

Lembaga ini berada di Jalan Telekomunikasi Ters. Buah Batu Graha Cacuk Sudarijanto Ruang A1112, Bandung. Biaya tesnya yakni Rp550.000.

Karena biaya tes TOEFL ini lumayan bikin nggak jajan, mesti dipersiapin matang bro. Banyak kok buku atau tes prediksi yang bisa lo akses buat bahan pembelajaran. Nggak mau kan nilainya jelek dan malah mesti tes ulang lagi biar dapat nilai bagus?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest