Follow Us

Dari Banyumasan Hingga Lampung Api, 7 Bahasa Daerah dari Indonesia Kini Udah Tersedia di Gboard

Bayu Galih Permana - Senin, 04 Februari 2019 | 17:00
Ilustrasi Gboard
Ricky Nugraha / HAI

Ilustrasi Gboard

HAI-Online.com - Aplikasi keyboard besutan Google, Gboard baru-baru ini menambah sekitar 40 bahasa daerah baru yang berasal dari berbagai belahan dunia, dalam update terbaru pada akhir Januari kemarin (24/1).

Menariknya dari sekitar 40 bahasa daerah baru yang ditambahkan, 7 di antaranya ternyata datang dari wilayah Indonesia, seperti Banyumasan, Lampung Api, Ma'anyan (suku Dayak Ma'anyan), Manado, Musi, Ngaju (suku Dayak Ngaju), dan juga Maluku Utara.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, pengguna Android saat ini udah bisa menggunakan bahasa-bahasa daerah terbaru dalam aplikasi Gboard miliknya, sedangkan untuk perangkat iOS akan menyusul belakangan.

Daftar bahasa baru di Gboard
Android Police

Daftar bahasa baru di Gboard

Terus, gimana sih cara menggunakannya? Gampang banget sob, yang pertama kali harus kamu lakukan udah pasti memperbarui aplikasi Gboard di smartphone milikmu ke versi paling terbaru.

Baca Juga : Energizer Bakal Luncurkan Smartphone dengan Kamera Pop Up dan Baterai 18.000mAh!

Setelah selesai melakukan update, kamu tinggal membuka aplikasi yang membutuhkan keyboard buat mengoperasikannya, seperti Gmail, WhatsApp, Line, ataupun aplikasi media sosial dan juga perpesanan singkat lainnya.

Kalau keyboard-nya udah muncul di layar, langsung klik logo Google pada bagian pojok kiri atas, ketuk menu dengan ikon tiga titik (...), pilih pada bagian setting, dan lanjutkan opsi 'bahasa'.

Habis itu, kamu tinggal pilih aja deh bahasa daerah dari wilayah Indonesia yang pengen kamu coba buat pakai di smartphone kesayanganmu, gampang banget kan?

Google memang sering menyematkan puluhan bahasa daerah baru untuk menambah keragaman bahasa lokal penggunanya, sebelumnya ada Makassar dan juga Sasak yang udah terlebih dulu masuk di preferensi bahasa Gboard.

Gimana sob, ada bahasa dari daerahmu nggak nih dalam update terbaru Gboard? Kalau ada, buruan deh dicoba dan dibuktikan apakah yang ada dalam Gboard sesuai dengan bahasa daerah kalian. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest