Follow Us

Kalo Diterima SNMPTN 2019 Tapi Kamu Tolak, Nilai Sekolahmu Akan Turun. Ini Penjelasannya

HAI Internship - Sabtu, 12 Januari 2019 | 14:19
Suasana Career Day MGBK 2019

Suasana Career Day MGBK 2019

HAI-Online.com - SNMPTN adalah satu-satunya jalur yang diincer banget nih sama siswa-siswa SMA dan sederajat, karena nggak perlu lagi ngikutin tes. Tapi jalur ini kadang cuma dianggep sebagai jalur peruntungan. Siswa belum terlalu yakin sama pilihan program studinya (prodi) di jalur pertama ini.

Tapi, sebaiknya kalo lo udah dapet SNMPTN jangan ditolak deh, karena sekolah bakal kena dampaknya.

“Kalo nggak diambil, konsekuensinya bukan sama kalian tapi sekolah yang bakal terkena konsekuensinya,” kata Kepala Humas Universitas Indonesia (UI) Dr. Rifelly Dewi Astuti, M. M. dalam seminar Career Day MGBK 2019 di Balai Kartini (10/1/2019)

Pernah denger nggak sih istilah sekolah lo bakal di-blacklist kalo nolak SNMPTN? Sekolah yang emang kena dampak, tapi UI menegaskan kalo kampusnya nggak mengenal istilah blacklist. Jadi, konsekuensinya bukan blacklist, seperti yang selama ini kalian tau.

“Nggak, UI nggak pernah men-diss atau mem-blacklist, nggak ada istilahnya di UI seperti itu. Tapi nilai prestasi sekolah akan berkurang. Dan akibatnya, adek kelasnya yang nanti mungkin akan berkurang diterima melalui jalur undangan (SNMPTN),” kata Rifelly.

Baca Juga : Ini Dia 8 Syarat Ikut SBMPTN 2019, Tidak Lulus SNMPTN Salah Satunya

Gitu bro, kalo lo selama ini taunya blacklist aja. UI cuma menerima siswa-siswa yang, konsisten sama pilihannya. Ketika mereka nolak undangan, berarti mereka nggak konsisten sama pilihannya itu.

Makanya, Rifelly juga menegaskan kalo namanya daftar undangan itu nggak main-main, bro.

“Kalo daftar undangan, pilihlah prodi yang bener-bener kalian minati. Bukan malah coba-coba. Kami semua PTN ini nggak mau dicoba-coba. Kami hanya akan memilih siswa yang konsisten dan komitmen untuk memilih prodi tersebut. Kalo kalian sampe nggak mengambil yang udah diterima, kalian berarti menzholimi teman-teman kalian yang nggak diterima.”

Dan jangan harap bro kalo lo nolak undangan dan berniat ikut SBMPTN, nggak bakal diterima deh! karena salah satu persyaratan pendaftar SBMPTN adalah bukan penerima undangan.

Penulis : Zhafira

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest