Follow Us

Dari AI, AR, Sampai 5G, Ini Ramalan Tren Teknologi di Tahun 2019

Ricky Nugraha - Sabtu, 29 Desember 2018 | 10:07
Oculus Rift
Oculus

Oculus Rift

HAI-online.com - Kemajuan teknologi kini makin terasa seiring dengan perkembangan zaman. Berbagai aktivitas di beberapa bidang pun telah banyak yang bertransisi dari tradisional menjadi digital.

Menurut Lenovo, tahun 2019 nanti diperkirakan akan menjadi panggung untuk tren teknologi dan perangkat kecerdasan buatan dengan mengandalkan konektivitas yang serba digital.

Lenovo bahkan telah memberikan prediksi 4 teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2019 nanti. Berikut prediksinya:

Baca Juga : Awas, Awal 2019 Pelanggar Registrasi Kartu SIM Prabayar Bakal Kena Blokir!

1. Perangkat serba cerdas

Berdasarkan riset yang dilakukan Lenovo, efisiensi waktu dan kenyamanan merupakan hal pertama yang disorot dalam kemajuan teknologi tahun depan.

Hal ini bisa tercipta dari model rumah cerdas yang terintegrasi dengan perangkat pintar, seperti speaker dengan kemampuan voice recognition dan voice assistant, untuk mengakses berbagai informasi tanpa harus menyentuh perangkat.

Diprediksi juga akan banyak perangkat yang memanfaatkan teknologi cloud, seperti vending machine, aksesoris komputer, serta maraknya pemberkasan dengan sistem digital atau paperless documentation.

2. IoT, AI, AR, dan VR

Menurut Lenovo, perkembangan Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), Augmented Reality (AR) dan Virtul Reality (VR) juga diprediksi bakal ramai digunakan untuk kegiatan di berbagai ranah lingkungan, seperti kesehatan, pendidikan, dan ritel.

Teknologi tersebut nantinya akan dipadukan dengan berbagai perangkat canggih yang dapat mempermudah pekerjaan manusia.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest