Follow Us

Dari Pengajar Biologi Hingga Menjadi Animator Sukses, Begini Lika-Liku Hidup Stephen Hillenburg

Bayu Galih Permana - Rabu, 28 November 2018 | 17:00
Stephen Hillenburg
Twitter / channelfred

Stephen Hillenburg

HAI-Online.com - Stephen Hillenburg merupakan seorang animator yang namanya melambung setelah serial animasi garapannya, SpongeBob SquarePants, berhasil menginvasi industri pertelevisian di seluruh dunia.

Namun untuk meraih pencapaian tersebut, perjalanan hidup dari pria kelahiran Lawton, Oklahoma 57 tahun lalu silam ini nggak semudah seperti yang banyak orang bayangkan.

Perjalanannya dalam menghadapi kerasnya hidup dimulai ketika dia meraih gelar sarjana dari jurusan Perencanaan Sumber Daya Alam dan Interptretasi, dengan penekanan pada sumber daya laut di Humboldt University pada tahun 1984.

Lulus dari sana, Hillenburg pun sempat menjajal beberapa pekerjaan sebelum akhirnya menjadi pengajar ilmu biologi kelautan di Orange County Marine Institute (Ocean Institute) dalam jangka waktu tiga tahun.

Baca Juga : Kenapa SpongeBob SquarePants Mengambil Setting Bawah Air? Ini Kata Stephen Hillenburg

Pada tahun 1994, saat menjadi pengajar, Stephen Hillenburg sempat menggunakan komik buatannya 'The Interdial Zone' sebagai media pembelajaran kepada murid-muridnya.

Hingga akhirnya, penulis dari Rocko's Modern Life, Martin Olson membaca komik 'The Interdial Zone' garapan Hillensburg yang menceritakan tentang kehidupan bawah laut.

Menemukan hal-hal menarik di dalam komik tersebut, Martin Olson lalu mendorong Hillenburg untuk membuat sebuah TV series dengan konsep sama seperti yang ada di 'The Intertidal Zone'.

Dari kejadian tersebut lah, Steve kemudian bergabung dengan California Institute of the Arts (CalArts) pada 1992 guna membangun dan mengembangkan karier di bidang film animasi.

Setelah lulus dari CalArts, suami dari Karen Hillenburg ini kemudian ditawari oleh kreator Rocko's Modern Life untuk menjadi seorang sutradara sebelum akhirnya mulai mengembangkan SpongeBob SquarePants menjadi serial animasi pada 1996.

Baca Juga : Mengenal ALS, Penyakit yang Merenggut Nyawa Kreator SpongeBob

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest