Follow Us

Sejarah Tersembunyi di Balik Cover Album 'Nevermind' Milik Nirvana

Fadli Adzani - Kamis, 22 November 2018 | 16:12
Nevermind
Metal Head Zone

Nevermind

HAI-ONLINE.COM - Nevermind kini masih menjadi salah satu album rock paling sukses di dunia. Bayangkan saja, album yang cover-nya memperlihatkan bayi berenang itu bertengger di peringkat ke-6 dari daftar album '90an terbaik oleh Pitchfork.

Nah, ngomong-ngomong tentang cover album-nya, ada sebuah fakta terbaru yang diungkapkan oleh seorang seniman yang mengurusi inspirasi dan ide dari bayi berenang itu, tuh!

Baca Juga : Daftar Lawan yang Udah Menunggu Klub-Klub Indonesia di Piala AFC 2019

Jadi, sebagaimana yang diberitakan oleh metalheadzone.com, seniman bernama Robert Fisher mengatakan kalau Kurt Cobain, vokalis Nirvana, ingin ada foto "bayi yang sedang dilahirkan di air".

Ia pun curhat lebih panjang terkait dirinya yang melamar untuk menjadi salah satu desainer yang mengurus pengambilan gambar cover album Nevermind.

"Aku disewa menjadi seorang desainer dari sekolah kesenian dan aku berkerja sampai menjadi sutradara. Aku sangat bersemangat ketika mendengar Geffen bakal mengontrak Nirvana, jadi aku menawarkan diriku," kata Fisher.

"Nggak ada satu pun orang di label yang menyangka kalau album itu bakal menjadi besar, namun aku sudah punya feeling setelah mendengar album itu untuk pertama kalinya (sebelum dirilis)," tambahnya.

Fisher kemudian menceritakan kalau Kurt ingin ada foto bayi yang lahir di dalam air.

"Dulu, jauh sebelum ada internet, kamu harus pergi ke toko buku dan mencari foto-foto yang memperlihatkan bayi yang sedang dilahirkan. Itulah yang kulakukan, namun aku nggak bisa menemukan foto yang bagus," paparnya melanjutkan.

"Kurt pun memiliki ide untuk menambahkan pancingan ke dalam airnya untuk menambah kesan 'mengancam'. Kami menghabiskan waktu di sore hari untuk memikirkan hal-hal lucu untuk dikailkan dengan pancingannya," lanjutnya.

Saat itu, ada yang memberikan ide untuk mengailkan daging, lalu ada juga yang mempunyai inspirasi untuk mengailkan CD, kemudian ada yang nyeletuk dan mengatakan, "kailkan saja uang!".

Akhirnya, terpilihlah uang yang menjadi "pancingan" si bayi. Sampai saat ini, cover album itu menjadi sangat legendaris.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest