Follow Us

Nabung Yuk! Ini 5 Cara Jitu untuk Nyisihin Uang Jajan Sehari-hari

Dewi Rachmanita - Rabu, 21 November 2018 | 15:15
Menabung bisa di mana saja dan kapan saja.
mycity-web

Menabung bisa di mana saja dan kapan saja.

Hai-Online.com - Sedari remaja, kita perlu nih sob untuk mengatur pengelolaan uang. Pemahaman soal pengelolaan ini nggak cuma buat mereka yang udah kerja aja kok, kita pun butuh. Mesti udah mulai sadar dan bijak untuk mengeluarkan uang, biar nggak jadi boros dan konsumtif.

Salah satu caranya sih dengan menabung. Sebenarnya kegiatan menabung ini pasti emang udah tertanam dari kecil. Cuma, dalam praktiknya suka berat banget. Padahal, nabung itu sangat berguna buat di masa depan, termasuk mau beli barang favorit nantinya.

Yuk mulai nabung dari sekarang. Nih, Hai punya beberapa cara nabung yang bisa efektif menyisihkan uang jajan.

1. Pisahin uang yang mau ditabung dari awal

Ada baiknya lo menghindari menabung uang di akhir. Dari awal dikasih uang jajan, mending lo udah pisahin uang yang mau ditabung. Kenapa? Soalnya kalau di akhir yang ada malah lo nggak nabung bro. Ada aja godaan ini itu, eh tiba-tiba uang malah nggak bersisa.

2. Tentuin nominal

Selain udah pisahin dari awal, nabung enaknya juga udah lo tentuin dari awal nominalnya. Nggak usah muluk-muluk dan maksain diri untuk besar kok, sedikit asal konsisten juga nggak apa-apa. Intinya kan lo nabung dan lama-lama bakal jadi kebiasaan.

Coba konsisten, misal setiap akhir minggu mau nabung Rp50.000 atau setiap hari Rp5000. Dengan nominal yang konsisten lo akan bisa memperkirakan juga jumlah uang tabungan lo dan kegunaannya nanti.

3. Jangan sepelekan uang receh!

Mungkin banyak yang nyepelein uang receh dan biarin aja uang logam itu tergeletak di meja atau nyelip di tas. Padahal, kalau lo tabung lama-lama bisa jadi bukit loh! Nantinya lo bisa tukar uang receh ke berbagai toko. Mereka dengan senang hati menerima karena buat uang kembalian kalau ada yang belanja.

4. Bikin motivasi

Ini juga bisa jadi salah satu cara ampuh bro. Lo bisa banget ambil kotak khusus dan tempel motivasi di situ biar semangat nabung. Misal, lo lagi pengen banget beli sneakers baru atau liburan ke Bali. Dijamin deh, secara nggak langsung lo akan termotivasi buat menyisihkan uang jajan untuk hal itu dibanding hedon tak bermanfaat.

5. Pakai aplikasi khusus

Di era serba digital ini, lo bisa memanfaatkan berbagai aplikasi khusus untuk mengelola keuangan lo. Mulai dari nominal uang, arus masuk dan keluar uang, semua pencatatan bisa secara jelas didapat. Dari sini, lo nantinya juga bisa mengevaluasi keuangan.

Beberapa aplikasi yang bisa lo download, yaitu Money Lover, Monefy, dan My Finances.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest