Follow Us

Masih 10 Tahun, Pecatur Indonesia Ini Berhasil Menjadi Juara Dunia

Bayu Galih Permana - Selasa, 20 November 2018 | 14:00
Samantha Edithso dan ibunya
Tribunnews/HO/Keluarga Samantha Edithso

Samantha Edithso dan ibunya

HAI-Online.com - Kabar membanggakan kembali datang dari anak muda Indonesia, kali ini seorang pecatur cilik yang masih berusia 10 tahun, Samantha Edithso berhasil meraih gelar juara dunia dalam turnamen FIDE World Cadet Chess Championship 2018.

Dalam kejuaraan yang digelar mulai 3 hingga 16 November kemarin di Santiago de Compostela, Spanyol, Samantha Edithso sendiri berhasil menjadi juara dalam kategori catur klasik.

Kesuksesan Samantha dalam meraih gelar pun nggak luput dari perhatian Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Imam Nahrawi yang langsung memberi selamat kepada pecatur cilik itu lewat akun Instagram miliknya.

"Baru saja saya mendapat kabar kalau Samantha menjadi juara dunia setelah menempati puncak klasemen kategori putri U-10 pada Kejuaraan Catur Kadet Dunia 2018 yang berlangsung di Santiago de Compostela, Spanyol. Selamat Samantha atas gelar juara dunianya, tidak boleh terlena ya, terus belajar dan berlatihlah hingga nantinya menjadi seorang Grand Master," tulis Imam Nahrawi

Baca Juga : Jerman Hancur, Swiss Melaju: Ini Daftar Negara yang Terdegradasi, Promosi, dan Lolos ke Putaran FInal UEFA Nations League

Sebelum turnamen ini, Samantha juga sempat menyabet juara dunia catur cepat putri U-10 dalam gelaran FIDE World Cadet Rapit & Blizz Championship 2018 di Minsk, Belarusia, Juli lalu.

Menurut ayah Samantha, Larry Edith, bakat anaknya di dunia catur sudah mulai terlihat saat berusia 6 tahun ketika dirinya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

“Samantha dikenalkan ke dunia catur pertama kali di usia 6 tahun saat diminta mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya,” terang Larry Edith seperti yang dikutip HAI dari Tribunnews.

Sampai akhirnya, Samantha mengikuti sekolah catur di Bandung dan bakatnya berkembang pesat melampaui anak-anak seumurannya dalam kurun waktu selama tiga tahun.

Wah keren banget sih masih, 10 tahun tapi Samantha Edithso udah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih gelar dalam kejuaraan catur kelas dunia, salut deh! (*)

Source : tribun sport

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest