Meski Kalah, Perjuangan Tim Bulu Tangkis Indonesia di Asian Games 2018 Patut Diapresiasi

Rabu, 22 Agustus 2018 | 23:33
Tribunnews.com

Marcus F. Gideon dan Kevin Sanjaya

HAI-Online.com - Tuan rumah,Indonesia gagal merebut medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis beregu putra Asian Games 2018 setelahkalah dari timnas Chinapada laga yang digelar di Istora Senayan, Rabu malam (22/8).

Total, hanya ada 4 dari 5 pertandingan yang dimainkan pada partai final bulu tangkis tersebut karena duel antara Ihsan Maulana dengan Lin Dan sudah nggak mempengaruhi hasil pertandingan sob.

Anthony Ginting vs Shi Yuqi

Bolasport.com
BADMINTON INDONESIA

Anthony Ginting

Pertandingan partai final yang dihadiri oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Menpora Imam Nahrawi ini dibuka dengan duel antaraAnthony Ginting dengan Shi Yuqi.

Di set pertama, wakil dari timnas Indonesia tersebut berhasil menyudahi pertandingan dengan skor 21-14, tapi sayang Anthony harus mengakui keunggulan Shi Yuqi 21-23 setelah duel alot pada game kedua.

Pada set terakhir, pemain asal Indonesia ini harus menyerah setelah berjuang melawan rasa sakit pada kakinya akibat keram dan nggak bisa menyelesaikan pertandingan di angka 20-21.

CEK JUGA:Apapun Hasilnya, Anthony Ginting Sudah Jadi Pahlawan Indonesia

Kevin Sanjaya/ Marcus F. Gideon vs Li Junhui/ Liu Yuchen

Kompas.com
Kompas

Kevin Sanjaya dan Marcus F. Gideon

Pada partai kedua, perjuangan Anthony Ginting sampai titik darah penghabisan memotivasi Kevin dan Marcus untuk merebut poin saat menghadapi pasangan Li Junhui dan Liu Yuchen.

Meskipun sempat berjalan ketat, pasangan yang memiliki julukanMinionsini berhasil meraih satu angka untuk Indonesia setelah menang dua set langsung dengan skor akhir 21-17 dan 21-18.

Jonatan Christie vs Chen Long

Kompas.com
Kompas

Jonatan Christie

Bertemu dengan mantan pebulu tangkis nomer satu dunia, Chen Long nggak membuat wakil Indonesia, Jonatan Christie gentar pada partai ketiga final bulu tangkis putra Asian Games 2018.

Hasilnya, pemain Indonesia yang masih berusia 20 tahun tersebut berhasil mengalahkan Chen Long dengan skor 21-19 pada game pertama.

Tertinggal dari Jojo, Chen Long menunjukan kelasnya pada set kedua dan ketiga hingga akhirnya pemain berusia 29 tahun tersebut berhasilmembalikkan keadaandengan skor akhir 16-21 dan 18-21.

Fajar Alfian/ M. Rian Ardianto vs Zhang Nan/ Liu Cheng

Kompas.com
Kompas

Fajar Alfian dan M. Rian Ardianto

Fajar Alfian dan Muhammad Rian membawa beban berat pada partai ke empat karena Indonesia tertinggal 1-2 dari timnas China.

Pada set pertama pasangan wakil Indonesia tersebut harus menyerah dengan skor akhir 18-21 dari Zhang Nan dan Liu Cheng.

Nggak mau melihat negaranya kalah, Fajar dan Rian pun bangkit di game kedua, dan berhasil menyudahi pertandingan dengan skor 21-17.

Sayangnya, di set penentuan pasangan Indonesia ini harus merelakan medali emas ke tangan timnas China setelah kalah dengan skor akhir 18-21.

CEK JUGA:Jadwal Lengkap Pertandingan 48 Cabor Asian Games 2018 Beserta Venuenya

Dengan hasil ini tuan rumah berhasil menambah perolehan medali di Asian Games 2018 total menjadi 17 buah dengan rincian 6 emas, 4 perak, serta 7 perunggu, dan membuat Indonesia berada di posisi ke lima klasemen sementara.

Salut buat semangat pantang menyerah dari timnas bulu tangkis Indonesia, terimakasih atas perjuangan kalian. Ayo kita balas di partai individu nanti!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya