7 Publikasi Pensi Di Instagram Kreatif Pilihan HAI . Cocok untuk jadi Insprasi

Senin, 17 Oktober 2016 | 07:30
Rizki Ramadan

instagram Bazkom 2016

Keberhasilan suatu pensi itu ditentukan oleh materi publikasinya. Kalau publikasi nggak dilirik, orang-orang jadi pada nggak tau dan nggak tertarik dateng. Tim kreatif dan publikasi pensi berlomba-lomba menampilkan keunikan serta kreatifitas.

Sekarang, fokus penyebaran publikasi pensi pindah ke media sosial. Instagram, medsos yang paling mengutamakan tampilan visual pun jadi diminati. Publikasi di Instagram tentu punya bahasanya sendiri. Instagram identik dengan gambar kotak ratio 1:1. Materi e-poster jadi harus menyesuaikan. Udah gitu, publikasi di IG juga dituntut mesti kreatif dan sangat mengutamakan nilai estetika, nggak boleh kalah kece sama materi IGnya para selebgram. Nyatanya, para panitia pensi sekarang-sekarang ini udah jago-jago banget bikin IG pensinya jadi sangat eyecathcing.

Nggak cuma unik dalam menggagas konsep dan menggunakan gambar, mereka juga meraciknya dengan kemampuan desain grafis yang di atas rata-rata. Udah gitu, cara penyajiannya pun beda, menggunakan sistem grid: satu gambar dipecah menjadi 6-9 kotak dan dipost satu persatu gitu. Kerennya lagi, antar kotak grid itu juga berkesinambungan gitu. HAI jadi pangling tiap ngeliat dan bertanya, ini bikinan sekolah atau bikinan Ismaya sih?

Oke, cukup deh cuap-cuapnya. Langsung aja HAI sebut beberapa IG sebuah pensi yang kece dan bisa jadi referensi panitia pensi lainnya. Biar lengkap HAI sekalian wawancara juga tim panitia yang ikut membuat materi publikasi tersebut. Sikaat!

Tirta Marta Cup 2016 - SMA Tirta Marta

Instagram Tirta Marta Cup 2016
HAI (H): Ceritakan konsep acara kalian?

Nadya Natasha, Panitia Publikasi (N): konsep acara Space, karena menurut kami space itu luas. Space kami ibaratkan sebagai potensi generasi muda indonesia, sebenernya banyak banget anak muda yang punya potensi besar cuma sayangnya nggak keliatan, makanya dengan adanya TM Cup kita menyediakan wadah untuk anak-anak muda bisa berkarya lebih luas lagi.

H: Gimana proses kreatif kalian dalam mendesain?

N: konsep desain kami sebenernya simpel. Kami pengin ngeliat apa yang kami pengen liat, kayak misalnya kami ambil dua warta utama: item keabu-abuan, dan merah. Supaya keliatan simple dan nggak norak tapi tetap bagus. Intinya sih kita mau first impression orang ngeliat karya kita kyk "eh bagus deh". Hehe.

H: Aplikasi apa yang digunakan?

N: Kami selama ini sih bikinnya pake Photoshop aja, sih. Dan kalo untuk video kita pake After Effects

H: Referensi inspirasi dalam mendesain kalian dari mana aja sih?

Awalnya, sih, Star Wars. Biar kayak future. Cuma kalo bikin Star Wars gitu mainstream banget dan nggak original. Jadi kami milih space dan kami buat sendiri supaya orang tau identitas kami.

SKY AVENUE 2016 - SMA Labschool Kebayoran Jakarta

Instagram @skyavnue
H: Ceritakan konsep acara kalian?

Dhaka, tim humas Sky Ave 2016 (D): Konsepnya sisi futuristiknya masa lalu gitu; kayak mobil terbang, roket

H: Gimana proses kreatif kalian dalam mendesain?

D: Awalnya kami konsep dulu feed-nya mau kayak gimana. Kami sambung-sambungin biar enak dilihat di Instagram. Inspirasinya dapet dari poster-poster tahun 1950-an yang futuristik sesuai tema kami. Terus kita punya color palette tersendiri biar designya senadaa

H: Aplikasi apa yang digunakan?

D: Adobe Photoshop. 17 orang dari publikasi yang bantu-bantu mengonsep ngonsep dan beberapa tim anak desain yang merealisasikan

H: Referensi inspirasi dalam mendesain kalian dari mana aja sih?

D: Dari poster-poster film bertema retro futuristic sama poster-poster tahun 1950an

H: Share tips bikin materi publikasi untuk IG, menurut kalian

D: Harus eye catching. Desainnya harus “wow”. Pake pemilihan bahasanya yang mengundang dan universal jadi semua orang bisa mengerti. Simple. Nggak terlalu rame, tapi padat isi materinya

Gonzaga Festival 2016 - SMA Kolese Gonzaga Jakarta

Instagram Gonzaga Festival 2016
H: Ceritakan konsep acara kalian?

Dimas Aditjondro, tim desain GonzFest (D): Gonzaga Festival tahun ini bertemakan "Ekspresi & Prestasi", dimana kami mengajak siswa siswi untuk mengekspresikan kreatifitas mereka melalui acara kami ini, dan mengundang mereka untuk berkompetisi dalam perlombaan-perlombaan dan mendorong mereka untuk berprestasi.

H: Gimana proses kreatif kalian dalam mendesain?

Kalau mengenai proses kreatif, kami tidak memiliki sebuah proses step by step dan kriteria yang harus dipenuhi, lebih menggunakan sense desain kami. Dalam Menghadapi sebuah projek seperti poster, kami saling memberi masukan untuk mencapai hasil yang terbaik.

Dalam pengaplikasian konsep acara, kami juga memilih desain yang bernuansa Carnival, digabungkan dengan tema acara tahun ini, kami menggunakan warna-warna terang dan cerah, yang melambangkan keceriaan dan kreativitas. Kami juga memakai warna emas yang melambangkan prestasi, keceriaan, dan kemakmuran.

H: Referensi inspirasi dalam mendesain kalian dari mana aja sih?

Mengenai inspirasi, kami menelusuri apakah yang dalam persepsi orang ketika memikirkan kata carnival, mengikuti persepsi itu agar sesuai ekspektasi orang-orang, sambil mencari cara-cara unik dalam mengimplementasikan nuansa Carnival tersebut.

H: Share tips bikin materi publikasi untuk IG, menurut kalian

Konsistensi sih, jika sudah memilih sebuah "design language" untuk visualisasi tema, sebaiknya diteruskan sampai akhir. Juga jangan sampai membuat kebiasaan dalam mendesain, karena akan menjadi membosankan dan tidak menarik, explore cara-cara lain dalam mewujudkan suatu tema.

H: Ada tips khusus nggak untuk bikin publikasi di IG dengan sistem grid?

Yang selalu kami coba dalam membuat poster di instagram adalah, buatlah agar setiap post saling berkesinambungan, tapi setiap post harus bisa berdiri sendiri. Poin yang kedua cukup sulit, karena jika tidak dapat berdiri sendiri, hanya terlihat seperti crop dari sebuah gambar, dan itu kan tidak asik untuk dilihat.

Quatrolympic 9 - SMA Al Azhar 4

instagram quatrolympic
H: Ceritakan konsep acara kalian?

Athira Azry, tim desain Quatrolympic 9 (A): Jadi konsep Quatrolympic9 tahun ini adalah Breakout to the southeast. seperti yang kita ketahui kalo asia tenggara itu kumpulan dari banyak negara yang masing-masingnya sangat kaya akan budaya. nah, disini kita gabungkan dan jadilah perpaduan yang indah dan powerful asia.

H: Gimana proses kreatif kalian dalam mendesain?

A: Untuk proses pembuatan poster nya, kita banyak terinspirasi dari kultur budaya negara di asia tenggara itu sendiri. jadi kita beri sentuhan asia ke dalam poster itu, contohnya di background poster itu ada illustration pura tanah lot, atau ornamen ornamen yang asia banget.

Dari desain poster sendiri sih, kita lebih fokus ke sisi eksotisme dari Asia Tenggara yaitu alam dan keseniannya. Cara mengaplikasikan konsep acara ke desain, kita harus paham betul konsep acaranya gimana dan dari konsep itu apa yang mau kita "persembahkan". Jadi sebaiknya dari desain poster maupun dekorasi kita bisa menggambarkan atau menceritakan gimana sih maksud dari tema kita jadi orang2 bisa dapet vibes dari breakout to the southeast

H: Share tips bikin materi publikasi untuk IG, menurut kalian

Materi publikasi untuk instagram itu harus disiapkan sebaik-baiknya, jadi nggak asal post aja. agar enak diliat dan rapih feeds instagramnya kita siapin konten nya yang 'seragam' dengan tema nya. dari satu post ke post selanjutnya itu masih satu tema. Nah kalau posting posternya aja kan itu udah biasa, kalau bisa kita post video greetings dari guest star yang akan tampil di acara nanti. nah itu yang paling bikin menarik orang-orang untuk mampir ke instagram. tapi itu baru sedikit cara dari sekian banyak lainnya kok, kalian bisa bikin sekreatif mungkin dan sesuai karakter acara kalian itu sendiri

Bazkom 2016 - SMAN 68 Jakarta

instagram Bazkom 2016
H: Ceritakan konsep acara kalian?

Shan, tim desain Bazkom 2016 (S): Tema tahun ini adalah Psychedelic. Psychedelic itu tuh gaya tahun sekitar 80-an yang identik dengan kombinasi warna yang mencolok dan gaya-gaya yang abstrak. Psychedelic juga melambangkan state euphoria di otak kita. Jadi di Bazkom kali ini kita nekanin gaya warna warni dan euphorianya.

H: Gimana proses kreatif kalian dalam mendesain?

S: Nah dari konsep itu tentu harus kami adaptasikan ke konsep yang kita pakai karena psychedelic sendiri itu sebuah tema yang luas. Awalnya kami pelajari dulu desain grafis psychedelic di dunia dengan browsing dan konsep psychedelic itu sendiri. Akhirnya kami buat konsep dengan gaya kita yaitu kita campur psychedelic sama gaya kontemporer modern + aesthetic gitu dan jadilah konsep kita yang kita pake buat jadi guidelines keseluruhan projek kita di Bazkom.

Akhirnya kami buat konsep dengan gaya kita yaitu kita campur psychedelic sama gaya kontemporer modern dan aesthetic gitu dan jadilah konsep kita yang kita pake buat jadi guidelines keseluruhan projek kami di Bazkom.

--

Selain itu, Instagram pensi ini juga asik untuk lo jadiin referensi:

PL Fair 2016 - SMA Pangudi Luhur Jakarta

Instagram PL Fair 2016
Arco Fest - SMA Don Bosco 2 Jakarta

Instagram Arco Fest
Coffee 6th - SMAN 53 Jakarta

Instagram Coffee 6th
Gimana-gimana, cukup menambah inspirasi? Semoga iya. Btw, bisa nambahin list ini? komen di bawah yah.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya